Mengulas Rindu

Mei 20, 2020


Senin, 04 Mei kemarin aku datang ke sekolah lagi karena ada keperluan. Hatiku mencelos melihat keadaan sekolah yang kosong tanpa aktivitas. Ya, sudah hampir 2 bulan anak-anak dipulangkan ke rumah. Sesuai dengan kebijakan pemerintah Jawa Barat dan manajemen sekolah, kegiatan belajar-mengajar dilakukan di rumah secara daring (online) sejak 16 Maret 2020 demi mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 ini. Seketika pikiran berandai-andai kalo aja kondisi ini gak terjadi, mungkin saat itu sekolah tetap ramai seperti biasanya dengan aktivitas warga sekolah. Anak-anak akan tetap dengan rutinitas belajarnya, guru-guru akan tetap sibuk dengan jadwal mengajar dan tugas lainnya, juga warga sekolah lain yang bekerja sesuai dengan job desk-nya masing-masing.

Hampir dua bulan di rumah, rasa rindu mulai membuncah. Rutinitas dan tempat yang kadang-kadang aku keluhkan itu ternyata menimbulkan rasa rindu karena banyak memori yang tersimpan di sana. Suka, duka, tawa, canda, kesal, marah, ngantuk, bosan, lapar, bahagia semuanya pernah terjadi di sana. Demi sedikit mengobati rasa rindu ini aku buka-buka lagi folder hape yang berisi foto-foto selama di sekolah. Inilah yang aku rindukan:

Gedung Sekolah 

Pusat aktivitas belajar-mengajar di sini biasanya ramai dengan celotehan anak-anak. Tiap pagi jam 7 anak-anak harus stand by di depan kelas untuk berdoa bersama dan diabsen oleh wali kelas. Sebelum berdoa biasanya mereka adu kekompakan antar kelas dan antar angkatan dengan menyanyikan yel-yel. Yel-yel ini semakin menambah semangat di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sahut-sahutan yel-yel terdengar seantero gedung, apalagi laki-laki angkatan kelas 9 yang suara yel-yelnya kencang sampai kedengerannya serasa di stadion Persib. Dari jam 07.00 sampai 07.20 anak-anak masuk melakukan pembinaan dengan wali kelas di kelasnya masing-masing. Setelah itu lanjut belajar sesuai dengan jadwal pelajarannya. 




Selama pembelajaran, ada aja kelakuan anak-anak. Ada yang serius belajar, ada yang sambil ngobrol, becanda sama temannya, ada yang ketiduran di kelas. Tingkah laku anak-anak ini kadang bikin ketawa, ngelus dada, geleng-geleng kepala bahkan sampe pengen salto dari lantai 3 hehe becanda deh. Di ruang kelas ada banyak inspirasi yang didapat salah satunya quote-quote motivasi yang ditempel di dinding oleh anak-anak. Khusus di kelas 8E, tiap hari di ujung papan tulisnya suka ada quote yang kadang motivasi kadang nyeleneh.

Serius belajaarrr

Anak-anak suka excited kalo rebutan poin


Pada lucu ni anak-anak

Tempelan motivasi anak-anak putri

Daily quotes dari anak kelas 8E


Daily quotes yang nyeleneh dari kelas 8E 


Ada-ada aja emang kelakuan anak-anak. Kerangka Biologi pake dimukenain segala 

Kalo lagi piket guru di lantai 1 tiap Kamis suka moyan alias berjemur di sisi koridor yang kena sinar matahari. Kalo piketnya di lantai 2 atau lantai 3 kadang buat mengusir kebosanan aku suka mengamati aktivitas lantai 1 dari sana, melihat pemandangan sawah dan taman UKS. Kalo langit lagi cerah akan terlihat pemandangan asrama, sawah dan gunung di kejauhan. Masya Allah.

Piket sambil moyan


Piket sambil moyan dan baca buku yang dipinjem
dari perpus selama 3 bulan tapi gak beres-beres dibaca hehe


Taman UKS dilihat dari lantai 2


Lantai 1 dilihat dari lantai 2

Di jam istirahat kesatu, gedung akan semakin berisik dengan celotehan anak-anak. Saat bel berbunyi, anak-anak akan serta merta berhamburan dari kelas seperti bebek yang keluar dari kandangnya hehe. Ada yang langsung ke foodcourt, ada yang berkeliaran di koridor kelas, pergi ke perpustakaan, main bola di lapangan dan ada yang cuma nongkrong di dekat dinding lantai 3 atau lantai 2 untuk cuci mata hehe. 

Pelangi yang cantik dari lantai 2 sehabis hujan


Pemandangan Gunung Gede-Pangrango saat langit cerah

Foodcourt

Aku adalah salah satu yang sering menghabiskan waktu istirahat di foodcourt dengan catatan kalo lagi gak sibuk. Aku orangnya gak terbiasa sarapan jadi pas jam 10 udah kerasa lapar. Kalo gak dituruti keinginan si perut biasanya suka jadi beringas. Biasanya jajan di foodcourt ditemenin sama Bu Syipa atau Miss L atau siapapun deh yang bisa nemenin jajan. Menu makanan dan minuman di foodcourt beragam. Ada bakso tasik, mie ayam, batagor, siomay, gorengan, jus-jusan, minuman seduh, seblak, nasi goreng, bacil dan oke kenapa aku ini jadi ngabsen makanan ya. Hampir semua jajanan di foodcourt udah aku coba. Rasanya termasuk enak kok dengan harga yang masih affordable untuk anak SMP zaman now. Menu yang dijual juga kadang kekinian dan ganti-ganti. Biar anak-anak gak bosen kali ya. Makanan yang lagi aku waktu itu dimsum. Enak, kerasa ayamnya. 10 ribu dapet empat dimsum. Lumayan wareg lah alhamdulillah. Kalo minuman favorit pasti selalu beli di Om Edo yaitu es lemon mantap jiwa sama jus jambu biji tanpa gula. Aduh beneran kangen pengen jajan di foodcourt.

Misu alias mie susu


Jasuke-nya Teh Edo


Kangen dimsum!


Guru-guru putri jajan dulu di foodcourt gaess

Perpustakaan

Bagi anak yang lagi hemat atau emang gak suka jajan biasanya pergi ke perpustakaan terus ngadem sambil gogoleran dan baca buku. Semester sekarang buku-bukunya terutama novel makin banyak jadi anak-anak banyak yang tertarik buat pinjem dan baca buku sampe-sampe ada yang booking buku duluan saking gak pengen kelewat dipinjem orang lain bukunya. Di perpus juga anak-anak biasanya ngerjain tugas kelompok, kumpulan organisasi atau sekadar ngerecokin Bu Roro, orang perpus. Kalo lagi jam salat zuhur, anak-anak puteri yang lagi halangan dikumpulin di perpus buat baca-baca dulu. Oiya anak-anak mading juga biasanya bikin mading di perpus. Kalo sampe sore harus aku tungguin biar tetep fokus dan gak ngeberantakin perpusnya.

Baca buku bareng di jam istirahat


Bikin mading di perpus


Anak-anak mading pernah dikerjain sama salah satu anak putra pas lagi ngerjain mading di perpus T_T


Lagi istirahat word game dulu di perpus

Foodcourt Putri

Jam makan siang. Anak-anak putri makannya di foodcourt puteri. Harus cepet-cepet ngantri soalnya kalo telat suka gak kebagian buah huhuhu. Saking solidnya anak-anak putri ada yang lesehan di bawah, ngariung gitu makannya sama yang lain. Kalo anak putra makannya di foodcourt putra yang tadi ada banyak tukang jualannya. Enak putra mah bisa sambil jajan, kalo anak putri paling tukang jualannya yang nyamperin ke foodcourt putri. Itu pun seringnya minuman sih. Nih ya kalo sekolah tuh makan siang gak bingung karena udah tersedia menunya. Kalo lagi libur sekolah suka pusing sendiri pas jam makan siang karena bingung mau makan apa di rumah huhu. Kangen masakan Wa Ebah.

Sekarang foodcourt putri sepi, meja dan kursinya diberesin

Lapangan

Di lapangan ini, anak-anak putra biasanya olahraga. Basket, futsal, voli. Bukan cuma saat jam pelajaran olahraga, tapi saat jam istirahat atau sore hari. Selain olahraga, di sini juga tiap senin pagi melaksanakan upacara bendera. Momen paling menegangkan adalah saat aku jadi pembina upacara dan petugasnya adalah anak-anak yang aku wali kelasi. Udah dua kali tuh aku jadi pembina upacara. Gak ngerti lagi harus ngomong apa di depan ratusan anak-anak dan guru-guru. Di lapangan itu juga dilaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti kumpul kamis hening, perlombaan, graduation. Pokoknya pusat pengumpulan anak-anak di lapangan.

Waktu itu pas jadi pembina upacara ehehe


Penampilan tari saman oleh kelas 8 di acara Gloramaxy


Lomba tarik tambang dalam rangka 17an


Morning briefing dulu


Lomba futsal antarkelas


Kini lapangan itu kosong, gak ada lagi aktivitas fisik di sana

Ruang Guru

Kita ke ruang guru. Base camp-nya para guru di sini. Ngerjain tugas, ngobrol, rapat sampe makan-makan di sini. Kalo gak ngeliwet, ya ngerujak. Semester sekarang seringnya sih ngerujak. Mantul deh rujak buatan Bu Safitri. Makan bareng-bareng emang lebih nikmat dan terasa kekeluargaannya. Hal yang menyenangkan di ruang guru adalah wifi nya yang lumayan kencang dan gak perlu login ke website dulu. Makanya bikin betah sampe sore hehe sambil nemenin Bu Ica ngerjain laporan piket harian juga. 

Tahun pelajaran sekarang kesukaannya para guru ya ngerujak :D








Makan-makan terooosss hehe

Masjid dan Aula Annisa

Masjid Annisa, pusat kegiatan keagamaan di sekolah. Salat lima waktu, mengaji, pengajian al-hikam semuanya dilakukan di masjid Annisa. Ya Allah kangen denger lantunan Alquran dari suara anak yang merdu. Kangen salat zuhur berjamaah dengan zikirnya. Di atas masjid Annisa ada aula, tempat kumpul warga sekolah kalo lagi ada presentasi, nonton film bersama, pertemuan atau rapat. 




Aula sekolah


Kondisi mesjid kini

Nursery

Spot di sekolah yang paling indah dan menenangkan batin setelah kzl sama anak-anak adalah di nursery. Bunga-bunganya yang cantik berwarna-warni. Banyak kupu-kupu. Kedengeran suara tongeret atau domba. Anginnya semriwing adem ke hati. Aku pernah minta bunga-bungaan dari nursery buat ditanam di halaman rumah. Alhamdulillah sekarang tumbuh subur. Halaman aku jadi gak kalah cantik sama nursery. Oiya selain itu di nursery kita biasanya metikin jambu biji kalo lagi berbuah. Lumayan cemilan hehe.

Taman bunga di nursery


Luv luv


Bunga krokot yang cantik


Minta beberapa potek bunga krokot buat ditanam di halaman rumah

Di Nursery juga aja lahan buat hidroponik yang dilakukan sama anak-anak saat PjBL (Project Base Learning). Jadi mereka yang menanam benihnya terus nanti panen. Seru banget kalo udah masanya panen, mereka excited buat ngambilin sayur-sayurannya.





Yuk panen yuukkk

Asrama

Terakhir di asrama puteri (aspi), tempat anak-anak puteri melakukan kegiatan setelah jam sekolah. Aku gak begitu sering ke sana sih. Paling kalo keputerian tiap Jumat di pendopo puteri atau pas piket minggu dan ditempatin di kantor aspi. Dari aspi lantai 2 itu kita bisa liat pemandangan gedung sekolah dan sawah yang indah.

Koridor asrama puteri


Pemandangan gedung sekolah dan sawah dari lantai 2 aspi


Pemandangan sawah dan GOR yang lagi dibangun dari lantai 2 aspi

Kini lingkungan sekolah sepi. Cuma ada satpam dan petugas kebersihan yang ada di sana. Kalo hidup, meja dan kursi di kelas pasti bertanya-tanya kemana anak-anak yang sering duduk di sana. Masjid akan bertanya-tanya kemana lantunan ayat suci itu kok gak terdengar lagi. Semua benda akan merindukan kehidupan yang dulu sebelum covid-19 menyerang. 

Ruang kelas yang rindu anak-anak











Ruang guru kini 

Insya Allah dengan penuh optimis, semuanya akan kembali normal. Covid-19 menghilang. Anak-anak kembali ke sekolah. Rutinitas sehari-hari terulang lagi. Keceriaan dan hingar bingar itu akan terdengar lagi. Sekolah akan hidup kembali dengan curahan ilmu dan pahatan akhlak. Sampai ketemu lagi dengan pengharapan baru.

Aku rindu.


You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe