Bye 2018, Hello 2019!

Desember 31, 2018


31 Desember 2018.
Akhirnya berada di ujung tahun lagi.
Tutup buku lagi sekaligus merefleksikan apa yang telah terjadi dan telah dilakukan selama setahun ke belakang.

2018. Kalo harus dideskripsikan, tahun ini adalah tahun yang cukup mengesankan bagiku. Di awal sampe pertengahan tahun, aku gajebo menikmati kesantaian hidup dan keluangan waktu tanpa bekerja. Bilang aja nganggur hahaha. Iya, kurang lebih selama 6 bulan aku diem dulu di rumah. Bantuin mama ngasuh Neng Ayu, ngejagain warung, belanja ke pasar, nyuci baju, eksperimen masak, coba-coba nanem sayuran, hidroponik, nonton film. Pokoknya sesantai itu sampe lupa waktu dan males ngerjain sesuatu yang belum beres aku kerjain. Di satu sisi aku seneng karena nyantai tapi di satu sisi aku kayak hampa gitu. Jadi gak banyak berinteraksi dengan orang. Kayak kesepian gitu deh. Terus ngerasa gak enak ke mama karena belum mandiri secara finansial padahal selama 5 bulan ke sebelumnya aku udah punya gaji sendiri. Feel useless aja gitu. Belum lagi tiap ditanya orang aku kerja dimana, aku bingung jawabnya gimana, cuma bisa senyum-senyum aja.


Di pertengahan tahun, aku berusaha buat ngeberesin sesuatu yang udah lama belom beres, tapi kemudian ada tawaran yang bikin aku harus bikin keputusan yang ada konsekuensi cukup gede buatku. Aku mutusin buat ngelamar kerja ke sekolah bermodalkan nekat dan keterpaksaan. Terpaksa karena sebenarnya saat itu aku belum siap buat kerja di SMP ngajar IPS, minat aku ngajar Geografi di SMA. Tapi daripada aku nganggur lagi nunggu lowongan guru Geografi SMA, yaudah aku manfaatin kesempatan aja nekat lamar kerja dengan modal seadanya dan ternyata aku keterima! Di satu sisi aku seneng karena udah gak nganggur lagi, udah gak malu lagi sama keluarga, tapi di satu sisi aku ngerasa gimana ya. Aku ngerasa kaget sama situasi di tempat kerjaku yang cukup ketat dan disiplin. Ya bayangin aja 6 bulan lu nyantai-nyantai bangun siang terus kemudian mesti bangun pagi pulang sore, masuk dari senin sampe sabtu. Beneran kaget sekaligus hampir stress sih bisa dibilang. Tapi lama-lama gak juga sih. Aku menikmati dunia baruku sekarang.

Di 6 bulan terakhir aku habiskan dengan kerja, gak nganggur lagi. Belajar banyak hal baru. Belajar mengenal berbagai karakter orang lain. Belajar untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Belajar untuk menerima diri apa adanya tanpa takut untuk diabaikan. Belajar mengontrol emosi dan diri. Banyak hal yang aku rasain sejak kerja.

Well, di awal 2018 kemarin aku udah nulisin beberapa resolusi yang pengen aku capai di 2018, tapi setelah diliat-liat lagi ternyata baru 3 dari 11 resolusi yang bisa aku capai di tahun ini. Hfft sedih juga ya dikit amat yang bisa kucapai tahun ini. 3 hal yang bisa kucapai itu adalah resolusi material sedangkan yang lainnya ada resolusi immaterial. Hmmm berarti sebenernya resolusi immaterial itu lebih butuh usaha dan konsistensi buat dicapai dibandingkan dengan resolusi material. Ya, tahun ini aku masih belum bisa konsisten buat mencapai resolusi immaterial, misalnya buat gak begadang lagi, rajin puasa sunnah, rajin olahraga. Itu semua lebih susah tercapai dibandingkan aku pengen beli smartphone baru, laptop baru.

Nah, apa yang akan aku lakukan di 2019 mendatang? Of course melanjutkan mencapai resolusi yang belum tercapai di 2018 dan resolusi baru dengan niat yang sungguh-sungguh. Aku pengen banget bisa mencapai goals itu. Aku penasaran apa aku bisa konsisten dengan semua itu. Di 2019 nanti aku pengen bisa mengatur waktu dengan baik karena aku ngerasa 2018 itu waktu terbuang sia-sia tanpa hal yang jelas. Wasted time dan gak produktif. Aku pengen lebih produktif lagi baik dalam keuangan, karya, mengisi waktu dll. Semoga aku bisa! Doakan aku ya teman-teman!

Bye 2018! Terima kasih untuk semua kebahagiaan dan kesedihan di tahunmu. Alhamdulillah!
Hello 2019! Selamat datang. Semoga semua pengharapan baik, kebahagiaan dan keberkahan selalu melingkupi kami di tahunmu mendatang! Bismillahirrahmanirrahim!

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe