Dunia Geografi dan Putih Abu-Abu

November 15, 2013

               - Terangkai impian-impian indah saat jari-jari ini menari dengan lincah di atas tuts keyboard-  

            Aku membuka buku catatan pelajaran Geografi milikku. Fiuuuh, akhirnya aku berhasil melewati Ujian Nasional Pelajaran Geografi dengan baik. Aku optimis mendapatkan hasil yang memuaskan di pelajaran ini karena aku sudah belajar dengan baik. Asal kalian tahu, salah satu cara agar materi pelajaran bisa dengan mudah dipahami adalah dengan cara menyukai pelajaran itu terlebih dahulu. Aku bilang seperti ini bukan omong kosong tapi memang benar kenyataannya. Aku sangat menyukai pelajaran Geografi dan setiap aku belajar Geografi entah mengapa aku bisa dengan mudah mengerti.

            Dulu waktu SMP, aku tak pernah mengerti dengan pelajaran IPS-Geografi. Namun sejak aku masuk SMA dan bertemu dengan guru Geografi yang menyenangkan, aku mulai tertarik dengan pelajaran ini. Semuanya bermula ketika aku mendapatkan nilai ulangan Geografi tertinggi di kelasku. Guruku, Bu Neneng memujiku karena nilai tersebut. Aku merasa senang sekaligus kaget. Beberapa hari kemudian Bu Neneng memanggil aku dan temanku. Beliau mengajak kami untuk mengikuti tes seleksi Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian di sekolah. Bu Neneng melihat potensiku di pelajaran ini oleh karena itu beliau mengajakku. Awalnya aku ingin mengikuti tes seleksi OSN di bidang Astronomi karena sebenarnya aku lebih tertarik pada dunia astronomi sejak SD namun aku memutuskan untuk mengikuti tes seleksi Kebumian. Alhamdulilah, setelah tes seleksi aku dan dua orang kakak kelas terpilih untuk maju ke
OSN Kebumian tingkat kabupaten. Sebelum maju ke tingkat kabupaten, kami diberi pembekalan materi oleh Bu Neneng. Semakin mendalami Geografi dan Kebumian, aku semakin tertarik kepada pelajaran ini. Aku menyadari bahwa bumi itu rumit namun tetap menarik untuk dipelajari.  Ketika di OSN Kebumian tingkat kabupaten alhamdulilah aku mendapatkan peringkat ke-4. Melihat prestasiku yang lumayan membanggakan, Bu Neneng mengajakku untuk mengikuti Olimpiade Geografi di Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung. Aku merasa senang karena bisa mengikuti olimpiade lagi karena di pembekalan olimpiade aku mendapatkan materi Geografi lebih dalam dan tidak aku dapatkan di kelas. Alhamdulilah lagi aku mendapatkan juara 3 di Olimpiade tersebut. Berkat prestasi-prestasi itu aku jadi suka pelajaran Geografi.

            Ketika mendekati kenaikan kelas, aku bimbang menentukan jurusan di kelas XI nanti. Waktu SMP aku bercita-cita jadi astronom yang berarti aku harus masuk ke jurusan IPA, tapi sekarang aku menyukai Geografi yang ada di jurusan IPS. Aku bingung apakah harus mengejar cita-citaku dan melupakan minat serta bakatku atau melupakan cita-citaku dan mengembangkan minat serta bakatku. Akhirnya aku memutuskan untuk masuk IPS karena hati kecilku bilang kalau aku akan berhasil di IPS. Menjalani hari-hariku di kelas XI IPS, aku semakin menyukai Geografi. Bu Neneng selalu mengajakku ikut serta kalau ada lomba atau olimpiade yang berhubungan dengan Geografi. Alhamdulilah prestasiku meningkat di lomba-lomba atau olimpiade itu hingga akhirnya di sekolah aku disebut Miss Geografi. Geli aku mendengarnya namun aku senang saja dipanggil seperti itu. Aku bersyukur bisa bersekolah di sini, dipertemukan dengan Bu Neneng yang membuatku akhirnya mencintai dunia Geografi. Aku tak pernah membayangkan prestasiku sebagus ini di SMA karena sebelumnya di SMP aku tidak pernah mendapatkan prestasi yang bagus. Sekarang menjelang lulus dari SMA aku berencana masuk ke universitas negeri dan mengambil jurusan Geografi. Aku ingin mendalami ilmu ini dan mengejar cita-cita baruku yaitu menjadi Guru Geografi. Aku ingin mengenalkan bumi ini kepada murid-muridku dan membuat mereka menyukai pelajaran Geografi. Aku ingin menjadi guru Geografi seperti Bu Neneng. Ya, aku menemukan cita-cita sejatiku. Semua pengorbananku yang harus melupakan cita-citaku menjadi astronom telah terbayar dengan semua prestasi dan penemuan cita-citaku yang sebenarnya. 


Cianjur, 29 April 2012


Pliss, abaikan cewe berkerudung item sebelah  kiri yang chubby chubby itu -___-




I'm Proud I'm Geography Student :)

You Might Also Like

1 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe