Me & Online Shop

Juni 27, 2013

Yap udah sebulanan ini aku lagi kecanduan miras eh bukan kecanduan nge-olshopping alias online shopping ding.

Online Shop?? Apaan sih? 
Duh!! Di jaman udah serba canggih gini dimana henpon udah ada yang ditoel-toel  (maksud loh??) kamu gak tau apa itu online shop?? Keterlaluan kamu, Haji Muhidin!! (abaikan yang ini, dengan sangat).
Okeh, aku kasih tau aja ya. Online Shop itu adalah kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Jadi antara pembeli sama penjual tuh gak ada acara tatap muka ketemuan gitu. Semuanya dilakukan secara online meskipun ada juga sih yang kemudian si pembeli sama penjual ketemuan gitu buat transaksinya. Di era yang serba membutuhkan keefisienan dan keefektifan waktu, online shop ini memudahkan kita-kita dalam berbelanja dan mendapatkan barang yang kita mau. Istilah katanya mah “Tinggal Klik, Klik, Klik, Barang Sampe Depan Rumah” hahaha


Pernah Online Shopping??
Kalo ditanya apa aku pernah belanja lewat online shop? Jawabannya pernah. Malah bulan-bulan ini lagi kena ol-shop fever. Awalnya aku gak pernah tuh tertarik belanja lewat online shop gitu. Takut kena tipu Bo! Tapi kemudian iseng-iseng liat katalog tas-tas Neosack di Facebooknya Exsport and Neosack Bags. Setelah ngubek-ngubek abis gambar-gambar tasnya aku kepincut sama tas model kaya gini.

Tas yang unyuuuuu..
Sumber Gambar di sini

 Lucuu banget menurutku. Ada motif bintang-bintang yang aku suka. Mikir punya mikir, pengen banget punya tas kaya gitu tapi agak ragu juga deh soalnya belum pernah beli barang lewat online.  Dilema pun ditambah ketika aku jadi bingung mau milih yang model mana, hadeuuuhh. Akhirnya setelah mengingat, menimbang dan memutuskan  dengan kenekadan sepenuh jiwa raga serta berbekal duit tabungan yang lumayan, aku beli deh itu tas yang model ini. Aku ngambil keputusan buat beli tas itu di sana karna aku pikir stok tas model gitu cuman ada di sana dan lagi males juga keluar-keluar buat ke mall soalnya bulan April-Mei kemaren lagi sibuk keluar kota mulu ~ PRAKTIKUM KULIAH euy!! Setelah proses deal-ing dan transfer duit akhirnya tas itu menyambutku di kosan waktu aku baru pulang dari Praktikum Kuliah Hidrologi di Lembang ahaaaa seneng bangeet!! Ternyata belanja olshop itu nyenengin juga, pikirku. Prosesnya gak ribet, lumayan cepet dan pelayanan dari seller-nya bagus, welcome banget. Sejak saat itulah jadi mulai tertarik buat olshop lagi.


Tas Baruuuuuuu >.<


Online Shopping Lagi Nih Kamu??
Hu’uh. Photobucket *nod* Gara-garanya itu abis pulang dari Praktikum Kuliah Kosmografi di Planetarium Jakarta jadi pengen banget punya proyektor bintang. Biar bisa liat bintang-bintang boongan di kamar sebelum bobo gitu ceritanye. Kemudian si aku dengan keukeuhnya searching-searching di internet tentang lampu proyektor bintang itu dan akhirnya nyantol di website BeMart yang jual lampu proyektor bintang. Setelah liat-liat barangnya aku fix buat beli lampu proyektor bintang di sana. Diskon sih soalnya jadi lebih murah dan tambahannya lagi itu alamat seller-nya di Bandung juga jadi jatohnya ongkir cuman 4rbu rupiah aja hihi. Tapi yang bikin aku agak kecewa itu aku kan mesen lampu proyektor bintangnya warna ungu tapi stoknya udah abis hiks hiks hiks jadinya mesen yang warna pink aja deh. Okey lah no problem yang penting udah hampir dapet tuh si lampu proyektor bintang inceranku. Setelah transfer uang dan konfirmasi, beberapa hari kemudian lampu proyektor bintang itu tiba di kosan dengan selamat sentosa. Ahiiiwww!! Akhirnya bisa liat bintang (meskipun boongan) di kamarku.


Online Shop terus. Pernah ngalamin hal yang gak enak pas online shop?
Hmm pernah sih. Baru aja kemaren kejadiannya. Aku nge-order binder bahan jeans warna ungu di salah satu website. Aku gak mau nyebut website-nya ah, sori yak ^^ privasi. Aku milih webstore itu karna harganya lumayan murah dan pilihan desain bindernya bagus-bagus. Terus aku kontak tuh seller-nya. Nah, ini dia titik masalahnya (bukan masalah sih sebenernya tapi keribetannya). Si seller-nya minta aku buat nunjukkin bukti transfernya. Aku iya-in aja deh. Esok harinya aku tranfer duit 90rbu ke dia tapi gatau kenapa atm-nya gak ngeprint kertas transaksinya. Kan jadi gak bisa ngelampirin bukti transaksinya. Udah itu aku sms-in sellernya bilang kalo aku udah transfer tapi gak bisa ngasih bukti transfer karna alesan yang tadi. Eh tiba-tiba seller-nya ngebales sambil nyolot gitu nanya kenapa gak bisa ngasih bukti transfernya. Ih aku kesel dong, kok gitu sih sellernya. Kan aku udah bilang jujur dan dia bisa cek sendiri di tabungannya ada duit yang nambah berarti dari aku. Ribet banget lah. Selama ini aku online shop belum pernah tuh dimintain bukti transaksi sekalipun  sama webstore yang terkenal. Huh! Emang sih buat keamanan dari penipuan, bukti transfer diperlukan tapi yang aku gak suka  itu respon seller-nya yang iyuwh banget.

Awalnya aku sempet mikir udahlah jadi males nerusin transaksinya. Biarin aja duit 90rbunya buat dia aja, tapi sayang juga sih pengen banget bindernya. Alhasil aku harus ngeprint buku tabunganku dulu buat ngasih dia bukti aku udah transfer. Setelah ngirim bukti transfer yang serba ngerepotin itu (bayangin aja, aku transfer jumat dan ngeprint buku tabungannya kamis minggu selanjutnya karna sibuk) aku segera notice seller-nya buat segera dikirimin tuh binder. Gak sabar pengen liat. Lima hari kemudian bindernya nyampe di tangan. U know, bindernya gak sesuai harapan. Bahannya emang denim warna ungu tapi ih jahitannya gak rapi dan kaya produk yang udah lama gitu, ada noda-nodanya. Aaaaarrgh semakin kesyel!! Jadi nyesel udah order di sana.
Photobucket

Lampu Proyektor Bintang dan Binderku :)


Jadi kapok gak nih online shop?
Enggak! karena emang aku orangnya paling males jalan-jalan buat belanja dan gak ada waktu, aku bakalan terus online shop dan gakkan kapok. Justru kejadian ini bikin aku lebih selektif lagi dalam mencari webstore atau tempat buat online shopping. Aku punya beberapa tips ini buat kamu kamu kamuuuu yang mau aman ber-online shopping. This is it!
1. Yang utama bangeeeeeet, pastikan kamu mau beli apa di online shop dan apa motifnya beli barang itu. Kalo aku sih kebanyakan motifnya karena males ke toko atau mall buat belanja dan gak ada waktu. Itu aja sih. Dua minggu lalu diajak temen nyari long dress ke Pasar Baru Bandung, omaigat muter-muter dari lantai dasar sampe lantai teratas gak dapet-dapet. Yang ada aku malah mabok deh, abis banyak banget orang sih. Aku gak terlalu suka keramaian.
2. Check webstore atau online shop dimana barang yang mau kamu beli. Pastikan webstore itu punya kredibilitas yang bagus. Liatlah kejelasan alamat dan no kontak atau email webstore itu. Liat juga testimoni-testimoni dari pembeli yang lain. Juga bukti-bukti pengirimannya serta pelayanannya. Kalo buat belanja di digital market kaya tokopedia, tokobagus atau yang lainnya pastikan sellernya udah punya label verifikasi dari pihak digital marketnya. Kalo sekiranya gak meyakinkan mah gak usah aja daripada rugi. Ingat! Hal utama dari online shopping itu adalah kepercayaan antara pembeli dan seller.
3. Kalo udah melakukan transaksi, pantau terus proses pengirimannya sampe udah di tangan kamu kamu kamuuu. Kalo perlu mintalah no resi pengirimannya kalo gak dikasih. Kalo dikasih ya sukur deh hihi. Soalnya takut barangnya gak dikirim kan, kena tipu-tipu deh ntar. Amit-amit ya.
4. Yang terakhir dan yang paling terakhir nih, buat yang mau online shopping, pastikan kamu kamu kamuuu punya duit! Yaiyalah masa mau belanja tapi gak punya duit hihi. Oya meskipun kamu kamu kamuuu ketagihan online shopping, jangan sampe kalap mata ya! Belilah seperlunya aja. Ok!


Satu kalimat tentang Online Shop ??
BIKIN HIDUP LEBIH MUDAH DAN MENYENANGKAN!!  Photobucket Iya nggak sih di jaman yang serba modern ini kita membutuhkan keefektifan dan keefisienan dalam hidup. Melalui adanya internet ini kita jadi terbantu dalam berbelanja dan bertransaksi. Sekarang ini banyak banget kan webstore atau online shop yang menjamur , bahkan saking menjamurnya ada barang-barang atau sesuatu yang dijual di online shop secara gak wajar!
Misalnya nih di ebuy ada yang ngejual corn flake atau kripik jagung yang mirip ama peta negara bagian Illinois dengan harga USD 1,000. Aneh kan?? Ada juga yang ngejual mantra Voodoo orang-orang Haiti dengan harga Rp 81.000. Wiihh ada yang minat beli? hahaha.

Hfftt ada-ada aja ya orang saking pengen dapet duit. Kata-kata terakhir dari aku nih, jadilah pembeli yang cerdas dalam melakukan transaksi online shopping agar mendapatkan keuntungan dan kemudahan dalam ber-online shopping ria. 
Happy Online Shopping buat kamu kamu kamuuu .

Sumber Gambar di sini







Referensi :
http://www.la-lights.com/ini-dia-barang-unik-dan-aneh-yang-dijual-di-ebay/
http://angkatigabelas.blogspot.com/2012/06/5-barang-unik-yang-pernah-dijual-di.html

You Might Also Like

4 comments

  1. Terima Kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway,

    Yes! Tercatat sebagai peserta

    BalasHapus
  2. Aih.. pengen dong punya proyektor bintang... :D

    Terima kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yu..makanya beli hihi bawa bintang2 langit malam ke kamar ..

      samasama..hopefully i'm lucky :)

      Hapus

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe