Ngamen Anti Mainstream

Juni 07, 2013

Udah sekitaran 3 mingguan ini aku bulak-balik Bandung-Cianjur-Bandung-Cianjur (-__-)
Ya biasalah ngurusin sesuatu dulu di Bandung terus kalo udah beres urusannya atau malah urusannya belom beres pun karna terlanjur bosen jadinya aja balik lagi ke Cianjur. Gitu we selama 3 minggu udah 3 kali bulak-balik.

Niwey, tiap berangkat ke Bandung dan pulang ke Cianjur aku selalu naik damri Ledeng-Leuwipanjang. U know it has a cheap cost than ancot. Bandingin aja naik damri kamu kenyang ngabisin sejam kurang lebih dari ujung Ledeng ke ujung Leuwipanjang cuma ngeluarin duit 2rebu perak sedangkan kalo pake ancot kamu harus naek dulu jurusan kalapa-ledeng dengan bayar 4rebu rupiah disambung naek ancot jurusan Kalapa-Cibaduyut ongkosnya 3rebugope. U see?? rasionya aja 1 : 3,5. Mending duitnya dipake jajan bo hihi yaa mahasiswa harus pinter-pinter ngatur duit dong, pun dalam soal ongkos. Meskipun kalo naek damri ini kamu harus rela desek-desekan sama penumpang lain dan kalo lagi ZONK kamu bakalan gak kebagen tempat duduk dan berdiri terus sampe ntar dapet tempat duduk *kalo beruntung hihi. Belum lagi macetnya itu lho di daerah Setiabudi, Stasiun dan Pasar Baru. Huaaahhh (@_@) Ya tapi itu resiko sih kan cuma bayar 2rebu doang. Kalo mau enak mah naek taxi aja hihi #backsound SNSD-Mr Taxi.

Ada hal yang menarik nih di damri selain yang tadi udah aku ceritain. Kalo di tempat-tempat umum kaya gitu pasti banyak pengamennya kan. Nah sama di damri juga tapi ada yang beda. Beneran beda banget dari pengamen yang biasanya yang kemudian aku jadi lebih suka nyebut mereka ini 'seniman jalanan'. Let's describe them first of all. 

Sekilas dan waktu pertama kali liat dua orang itu, yang langsung terbersit di benak adalah "ih serem deh tu penampilannya. Pake anting dengan bolong segede hulahop, tattoan dan mukanya sangar abis meeen." Tapi kemudian pikiran tadi bakal langsung -15% ketika denger salah satu dari mereka bilang "Permisi akang, teteh, ibu, bapa, ade! Maaf kami ganggu sebentar waktunya. Maaf kalo kami membuat berisik bla bla bla." Ya, standar lah pengamen lain juga ngelakuin hal serupa tapi nada mereka bener-bener sopan banget dan pake gestur yang hormat gituh. Terus waktu mereka mau mulai beraksi, sebelumnya dia bilang "Punten teh/kang/pak kapengkeran (Ngebelakangin)." soalnya dia nyender gitu ke kursi jadi bukan ngebelakangin sih tapi ngehalangin hehe..

Here they are! Mereka mulai 'show'nya dan ini yang bikin beda cz salah satu dari mereka pake alat musik BIOLA. Salah satunya lagi sih pake gitar biasa. Ketika pertama kali aku liat yang pake biola itu aku langsung mikir 'Waw, gak biasanya nih pengamen pake biola. Modal banget!". Mereka duet lagu-lagu mulai dari pop indo, pop-barat sampe sundaan. Kalo diitung-itung ada lah mereka mainin 3-5 lagu gitu. Mereka gak pake vokal, cuman akustikan aja pake gabungan gitar dan biola tapi tetep keren men. Karna gak ada vocalist-nya itu lah sepanjang mereka 'show' aku nebak-nebak ini lagu apa ya. Ada sebagian lagu yang aku kenal dan aku ngikut nyanyi dalem hati aja tapi ada juga yang aku sama sekali gak tau itu lagu apa. Well mereka bener-bener ngehibur kita banget dalem damri. Seenggaknya ditengah sesaknya penumpang dan macetnya jalanan, kita gak stress stress amat karna bisa denger lantunan suara biola+gitar dari mereka. Really apreciate it! (^-^)b

Hal unik lain yang aku soroti adalah gaya berpenampilannya si akang-akang yang maen biola itu. Dia pake baju item-item gitu ala baju sunda jadul terus di kepalanya pake kain batik diiket gitu, rambutnya panjang dan dikuncir, bawa-bawa tempat biola dan tas dari batok kelapa. Itu semacam unik ya. Iseng-iseng aku baca di belakang bajunya ada tulisan Seniman Bangun Pagi. Maybe itu nama komunitas dia ya atau bukan. 

Overall, aku acungi 4 jempol buat mereka apalagi buat si akang biola-nya itu. Dia sopan banget, dan gaya bermusiknya oke pisyan. Pikiran negatif di awal itu berubah jadi postif setelah liat performance mereka. Aku sih sempet mikir dengan musikalitas segitu harusnya dia jadi pengajar biola di sanggar atau les-an biola gitu. Kan lumayan daripada cuma ngamen doang mah. Tapi aku yakin sih mereka udah sadar sama keputusan mereka dan it's work. Banyak pengamen di jalanan ini tapi gak ada yang kaya mereka. Ngamen bukan cuma soal nyanyi seadanya sambil bawa gitar atau kecrekan tapi juga ngeliat aspek seni dan kreativitasnya. Kan katanya seniman berarti harus nyeni dong dan mereka udah bener-bener nyeni juga Kreatip menurut aku mah. Kita liat aja seniman jalanan di luar negeri, mereka nyeni+kreatip banget dah. Mulai dari ngewarnain badan, ngamen sambil ada teatrikalnya de el el. Well, itulah nilai plus-nya yang bikin orang lain tuh ngehargain para seniman jalanan yang nyeni nan kreatif itu. Karna mereka bukan cuma niat buat ngarepin recehan dari orang lain tapi buat ngehibur. Really great people. Someday aku pengen ngobrol-ngobrol sama mereka. Pengen tau lebih dalam tentang kehidupan mereka. (^_^)/~~

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe