Review Film Hichki (2018)

Juni 19, 2018

"Tidak ada murid yang buruk, yang ada hanya guru yang buruk"




I'M SO FREAKIN IN LOVE WITH THIS MOVIE!

Aku selalu suka jenis film kayak gini karena bener-bener menginspirasi aku buat jadi guru yang keren seperti tokoh utamanya. Nah di film ini tokoh utamanya adalah Naina Mathur, seorang perempuan pengidap Tourrete Syndrome yang ingin jadi guru. Selama 5 tahun dia apply lamaran kerja ke berbagai sekolah tapi karena tourrete syndrome nya ini bikin dia ditolak sama semua sekolah padahal secara kualifikasi, dia ini mumpuni banget lho. Secara dia Sarjana Pendidikan dan Magister Sains. Oiya tourrete syndrome itu semacam gangguan saraf yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan (tic) tanpa bisa mengontrolnya. Biar lebih jelasnya googling aja ya, takut salah aku mah ehehehe. Meskipun udah ditolak berbagai sekolah tapi dia pantang menyerah sampai suatu hari ada panggilan kerja dari sekolah St. Norkerts. Dia seneng banget bisa dapet tawaran ngajar dari sekolah alumninya dulu. 

Antusiasmenya ini gak surut bahkan saat tau kalo kelas yang diajarnya adalah kelas 9F, kelas berisikan 14 murid yang dianggap paling bodoh, paling berandal dan suka diabaikan oleh satu sekolahan St. Norkerts karena mereka adalah murid 'tampungan' dari sekolah negeri yang digusur. Tapi Miss Mathur tetep semangat ngajar dan optimis bisa mengubah kelas 9F jadi lebih baik. Akankah Miss Mathur berhasil mengajar kelas 9F? Tonton aja sendiri ya hahaha karena film ini seru banget menurutku. Meskipun konsep ceritanya rada mainstream karena ada beberapa film yang konsepnya serupa kayak Gokusen, Great Teacher Onizuka, Front of The Class tapi film ini masih tetep layak ditonton. Bayangin aja, perjuangan Miss Mathur ini selain harus ngurusin kelas 9F, dia juga harus berjuang bagi dirinya sendiri agar dia dan tourrete syndrome-nya bisa diterima dengan baik di lingkungan sekitarnya. 


Aku juga suka cara dia ngajar karena metodenya bener² terlihat menyenangkan bagi kelas 9F. Terus selain mengajar, Miss Mathur juga suka ngasih motivasi ke anak² kelas 9F agar mereka bisa mengatasi ketakutan mereka dan menemukan kelebihan yang mereka punya. Aku kagum banget sama karakter Miss Mathur. Oiya Rani Mukherjee di sini bagus banget aktingnya sebagai Miss Mathur. Natural banget, seolah-olah dia memang Miss Mathur yang punya Tourrete Syndrome, bukan Rani Mukherjee. Overall film ini cocok banget buat para guru, pelajar dan semua orang yang concern sama dunia pendidikan. Banyak hal baik yang bisa kita ambil dari film ini. Quote-quote juga bagus. Ini beberapa quotes yang aku ambil dari film Hichki ini:


"Lagipula berapa gaji guru?"

"Ayah, kamu punya guru favorit di sekolah atau kampus?"
"Tentu saja."
"Kamu ingat gaji beliau?"

"Guru biasa hanya memberi ilmu, guru hebat membuatmu mengerti, guru yang sangat hebat menunjukkan cara mengamalkannya,tapi ada guru yang menginspirasi kita. Bagiku pak khan adalah guru seperti itu."


"I was born to be a teacher."


"Tidak ada murid yang buruk, hanya ada guru yang buruk."


9.5/10 dariku untuk film Hichki ❤❤

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe