Cantikmu Cantik Indonesia

Maret 10, 2014

“Kupandangi diriku dalam cermin. Kok kulitku masih hitam aja sih? Udah berbagai produk pemutih kulit wajah dan tubuh yang kupakai tapi kenapa gak ada perubahan? Badanku juga masih melar, padahal aku udah minum obat pelangsing badan. Kan aku pengen kayak Kristen Stewart. Kalau gini terus kapan ada yang suka sama aku. :(”

Ladies, pernahkah kamu mengalami hal seperti itu? Khawatir terhadap penampilan dan ingin selalu terlihat cantik. Memang tak dapat dipungkiri, setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan menarik. Berbagai cara dilakukan untuk dapat tampil cantik kapan pun dan di mana pun. Tetapi bagaimana sebenarnya konsep ‘cantik’ itu? Apakah bertubuh langsing? Berkulit putih nan mulus? Atau berambut indah?


Apa aku cantik??
Sumber Gambar di sini

Kebanyakan wanita Indonesia masih pakem pada konsep wanita cantik itu memiliki kulit putih, bertubuh langsing, hidung mancung, rambut yang indah dan segudang kriteria yang menyangkut fisik wanita Eropa atau Amerika. Penampilan mereka ingin terlihat seperti wanita Eropa. Padahal sebenarnya cantik itu relatif. Setiap Negara atau daerah memiliki ciri khas kecantikan wanitanya masing-masing. Wanita Eropa cantik, wanita Arab cantik, pun dengan wanita Indonesia tak kalah cantiknya dengan wanita-wanita lain di dunia. 

Banggakah kamu menjadi wanita Indonesia? Harus! Sebagai wanita Indonesia, kita harus bangga menjadi diri kita sendiri. Ada beberapa hal yang dapat menjadi ciri khas kita sebagai wanita Indonesia, yaitu:


1. Mayoritas wanita Indonesia mempunyai warna kulit kuning langsat dan sawo matang atau kecokelatan. Namun banyak wanita Indonesia yang merasa tidak percaya diri dengan warna kulit mereka sehingga berusaha untuk memutihkan kulitnya. Padahal sebenarnya banyak orang luar negeri yang menyukai kulit wanita Indonesia yang terkesan eksotis, manis dan alami. Justru banyak wanita bule yang berusaha melakukan tanning agar kulitnya kelihatan gelap. Lalu mengapa wanita Indonesia berlomba-lomba untuk memutihkan kulitnya? Kita lihat deh, Farah Quinn adalah salah satu representasi wanita Indonesia yang mempunyai kulit sawo matang nan eksotis. Ia terlihat cantik dan percaya diri meskipun berkulit sawo matang. Jadi masih kurang percaya diri dengan kulit sawo matangmu?

2. Salah satu ciri kecantikan wanita Indonesia adalah struktur wajahnya yang khas. Wanita Indonesia mempunyai mata yang besar dengan lipatan kelompak mata ganda, berhidung kurang mancung dan tulang wajah yang tak begitu jelas. Kesan chubby dan baby face sehingga terlihat lebih awet muda  menjadi salah satu daya pikat dari kecantikan wanita Indonesia. 

3. Banyak wanita Indonesia sekarang yang berusaha mewarnai rambut mereka dengan berbagai warna. Padahal sebenarnya wanita Indonesia akan lebih menawan jika mempunyai rambut yang hitam legam dan berkilau karena akan menambah kesan eksotis dan alami. 

4. Wanita Indonesia cenderung mempunyai tubuh yang lebih kecil alias mungil dibandingkan wanita Eropa atau wanita Amerika. Selain itu, wanita Indonesia mempunyai wajah yang imut dan baby face sehingga terlihat menggemaskan. Inilah yang membuat wanita Indonesia terlihat lebih muda dari umur aslinya.

5. Tak hanya mempunyai fisik yang rupawan, wanita Indonesia pun terkenal ramah, sopan dan murah senyum. Inilah salah satu nilai tambah dari wanita Indonesia. Senyum yang membingkai wajah mereka semakin mempertegas kecantikan khas Indonesia. Tak heran Indonesia dijuluki sebagai salah satu Negara paling ramah di dunia.

6. Fisik yang cantik belum sempurna rasanya bila tidak diimbangi dengan kepribadian yang baik. Wanita Indonesia merupakan wanita yang ramah, rajin, religious, cerdas dan pekerja keras. Dunia mengenal beberapa sosok wanita Indonesia yang telah malang melintang di dunia internasional karena prestasinya. Sebut saja Ibu Sri Mulyani yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ada juga Anggun C. Sasmi, seorang penyanyi yang sukses go internasional dan sempat menjadi Duta Pangan PBB. Di kontes kecantikan dunia pun, wanita Indonesia tak kalah bersaing dengan wanita dari Negara lain. Meskipun belum sempat menyabet gelar juara pertama, wanita Indonesia pernah beberapa kali masuk ke dalam posisi 20 besar, 10 besar bahkan pernah meraih juara pada kategori tertentu dalam ajang kontes kecantikan dunia. Sanggat membanggakan bukan wanita-wanita Indonesia ini.


Para Srikandi Indonesia (Zivanna Letisha, Vania Larissa, Sri Mulyani, Anggun)
Sumber gambar edit pribadi


Setelah kita mengetahui ciri khas kecantikan wanita Indonesia, masihkah kamu  mau mengubah penampilan kita seperti wanita-wanita bule? Bagi saya jelas TIDAK. Terlahir sebagai wanita Indonesia merupakan salah satu anugerah terbesar dalam hidup saya. Tak hanya mempunyai wanita-wanita yang luar biasa, Indonesia juga menyimpan berbagai kekayaan dari segi sumber daya alam dan kebudayaan. Leluhur bangsa Indonesia ternyata telah mewariskan berbagai perawatan tradisional kesehatan dan kecantikan dengan memanfaatkan berbagai bahan-bahan alami yang ada di Indonesia yang kaya ini. Meskipun tradisional, perawatan kesehatan dan kecantikan ini tidak kalah hebat dibandingkan dengan perawatan kesehatan dan kecantikan modern yang sudah serba canggih.

Sebagai wanita Indonesia, tidak ada salahnya kita melestarikan perawatan tradisional kesehatan dan kecantikan ala leluhur bangsa kita. Ramuan-ramuan yang berasal dari bahan alami tentu tidak akan banyak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita jika dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia. Menjadi cantik saja tidak cukup. Ini dia beberapa perawatan tradisional kesehatan dan kecantikan khas Indonesia yang bisa dicoba.

1. Mandi Kembang
Setelah lelah seharian beraktivitas, tentu kita butuh sesuatu yang bisa membuat badan segar dan rileks kembali. Mandi kembang adalah salah satu caranya. Mandi kembang mungkin terkesan mistis, tetapi ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain memberikan kesegaran, mandi kembang dapat menurunkan stress dan menyeimbangkan energi yang ada dalam tubuh. Sari-sari bunga dalam rendaman air kembang dapat membuat kulit lebih indah dan harum. Cobalah berendam dalam air kembang dengan ditemani lilin aromaterapi dan alunan musik yang lembut. Nikmati kesegarannya dan dapatkan sensasi rileksnya.


Mandi Kembang
Sumber Gambar di sini

2. Lulur
Memiliki kulit yang sehat pasti menjadi keinginan bagi setiap wanita karena kulit yang sehat dan indah merefleksikan kecantikan wanita tersebut. Dalam artikel Tanya Dokter, ciri-ciri kulit sehat yaitu kulit terasa lembut, kencang, dan warnanya merata. Berbagai faktor seperti polusi udara, asap rokok, makanan tinggi karbohidrat dan kalori, sauna, steam, kurang gizi, stres, kurang tidur, kotoran, debu, asap yang mengandung karbon, sinar ultraviolet dari matahari, berjemur, adalah sebagian dari banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh sebab itu diperlukan peremajaan kulit yang berguna untuk mendapatkan kembali kulit yang sehat. Salah satu cara tradisional untuk peremajaan kulit yaitu luluran.

 Luluran merupakan aktivitas perawatan kecantikan yang sering dilakukan oleh para puteri keraton atau bangsawan jaman dulu agar kulitnya cerah bercahaya. Banyak khasiat yang kita dapatkan dari luluran ini antara lain menghilangkan kotoran atau kulit mati pada tubuh, mencerahkan kulit, mengharumkan dan melembutkan tubuh. Bahan dasar lulur tradisional adalah kunyit  yang berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri di kulit, sekal klabet untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta temu giring yang berfungsi mencerahkan kulit. Akan tetapi saat sudah banyak tersedia produk-produk lulur instan dengan beragam bahan dasar sehingga mudah didapat dan sesuai keinginan.  Cara penggunaan lulur ini yaitu dengan membalurkan atau menggosokkan ramuan lulur ke seluruh tubuh, dibiarkan sampai kering, lalu dibasuh dengan air. 


Luluran dapat membuat rileks tubuh
Sumber gambar di sini

3. Boreh
Sekilas boreh mirip dengan lulur di Jawa, hanya saja ada yang membedakan antara keduanya. Boreh merupakan ramuan kesehatan dan kecantikan yang berasal dari Bali. Khasiat boreh yaitu untuk menghangatkan badan, melancarkan peredaran darah, meredakan sakit otot, demam, rasa dingin dan untuk merawat kecantikan kulit. Boreh bisa terbuat dari jahe , kencur, temulawak, cengkeh, pala, merica hitam, kapulaga, kayu manis.beras merah, beras putih, kacang hijau, atau bahan lain. Sama seperti lulur, boreh dibalurkan pada bagian tubuh tertentu, dibiarkan sampai kering lalu dibersihkan menggunakan lap basah. Rasakan sensasi hangat dan segar setelah melakukan boreh ini. 


Boreh, ramuan khas Bali
Sumber Gambar di sini

4. Ratus
Sebagai wanita yang cantik dan cerdas, kita harus menyadari pentingnya perawatan daerah organ kewanitaan karena hal ini berhubungan dengan proses reproduksi dan regenerasi. Leluhur bangsa kita pun ternyata sudah menaruh perhatian pada perawatan kesehatan daerah organ kewanitaan dengan adanya ratus.  Ratus adalah perawatan khusus untuk daerah organ kewanitaan yang menggunakan bahan-bahan herbal alami yang bermanfaat bagi daerah organ kewanitaan. Bahan dasar ratus terdiri dari kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang dikeringkan kemudian dibubuhkan ke anglo berisi bara api untuk mengasapi daerah organ kewanitaan. Ratus bermanfaat untuk mengurangi keputihan, meyeimbangkan kelembaban, sebagai antiseptik, menghilangkan bau badan, dan bau tak sedap dari organ kewanitaan. 


Ratus
Sumber Gambar di sini

5. Masker Wajah
Selain tubuh, wajah pun membutuhkan perawatan agar tetap terlihat sehat dan cantik. Salah satu bentuk perawatan sekaligus peremajaan kulit wajah  yaitu menggunakan masker. Saat ini sudah banyak produk masker instan yang beredar di pasaran, namun alangkah lebih baik bila kita menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Menggunakan masker dari bahan alami dapat menghindarkan kita dari resiko efek samping yang besar karena bahan-bahan alami pada umumnya memiliki efek samping yang kecil bahkan tidak ada sama sekali. Selain itu masker alami mudah didapat dan harganya murah. Kita bisa menemukan berbagai bahan dasar masker di dapur atau di halaman rumah kita sendiri. Misalnya madu, tomat, mentimun, bengkoang dan lainnya. Penggunaan masker bila dilakukan secara rutin akan bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembutkan dan membuat kulit sehat.


Masker wajah alami
Sumber gambar di sini

6. Jamu
Mendengar kata jamu pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jamu merupakan ramuan obat tradisional warisan leluhur bangsa Indonesia yang sudah terkenal ke seantero nusantara. Selain sebagai minuman kesehatan, jamu juga dipercaya sebagai ramuan untuk kecantikan wanita. Leluhur bangsa kita menggunakan daun, akar dan umbi-umbian sebagai resep untuk menyembuhkan penyakit dan sebagai bahan perawatan kecantikan. Ada berbagai jenis jamu dengan beragam bahan dasar yang memberikan khasiat berbeda. Jenis jamu yang terkenal adalah jamu beras kencur, jamu kunyit asam dan lainnya.


Jamu, Obat Tradisional Indonesia
Sumber Gambar di sini

Ladies, selain dengan melakukan perawatan yang rutin untuk mendapatkan tubuh yang cantik dan sehat pun dapat dimulai dari pola hidup kita sehari-hari. Dikutip dari artikel Tanya Dokter, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang cantik dan sehat yaitu:

1. Menjaga asupan nutrisi dan diet seimbang. 
Tubuh yang ideal menjadi idaman bagi setiap wanita. Dengan mempunyai tubuh yang ideal maka akan didapat pula tubuh yang bugar. Seringkali wanita melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal seperti diet ketat, olahraga keras atau meminum pil pelangsing. Padahal sebenarnya ada cara yang mudah dan aman untuk mendapatkan tubuh yang ideal yaitu dengan melakukan diet seimbang. Diet seimbang adalah diet dengan komposisi makanan yang seimbang mengikuti Pedoman Gizi Seimbang yang dianjurkan di Indonesia, seperti komposisi karbohidrat 50-60% dari total kalori, Protein 10-20% dan lemak 20-30% dari total kalori yang dibutuhkan oleh seorang dewasa dengan aktivitas sedang. Diet seimbang ini perlu diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Hidrasi yang cukup.
Minumlah minimal 8 gelas sehari
Sumber gambar di sini

Air merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh termasuk kulit. Kandungan air yang seimbang dapat membuat kulit tetap lembab dan lembut. Minumlah air minimal 2.000 cc setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang segar dan tidak dehidrasi. Air dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh yang membuat kulit terlihat tetap awet muda.

3. Hindari merokok.
Hindari merokok, minum-minuman keras dan makanan yang berbau tajam, misalnya alkohol, kopi, teh kental, cabe. Hindari makanan manis, makanan tinggi lemak dan gorengan.

4. Waktu Istirahat yang Cukup.
Sediakan waktu yang cukup untuk tubuh beristirahat. Jangan membiasakan diri tidur larut malam karena akan berdampak terhadap kesehatan tubuh. Yakinkan anda memiliki tidur cukup di malam hari yaitu 6-8 jam perhari. Tentu saja tidur yang dimaksud adalah tidur yang berkualitas tanpa sering terbangun. Tidur yang berkualitas dipercaya dapat mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata yang dapat mengganggu penampilan.

Ladies, setelah tau rahasia cantik wanita Indonesia ada baiknya kita mengaplikasikannya ya. Satu kalimat terakhir dari saya:

"Wanita cantik adalah ia yang menyadari bahwa sehat merupakan modal awal bagi kecantikan jiwa dan raganya"


Referensi:


Tulisan ini diikut sertakan dalam LOMBA BLOG "Wanita Indonesia Cantik dan Sehat" di TanyaDok.com







You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe