On Your Wedding (2018): Gak Jodoh Akan Lari Kemana

April 17, 2019


Yak! Udah hampir 5 bulanan berlalu setelah terakhir aku nge-review film. Selama 5 bulanan ini sih ada banyak film yang aku tonton tapi belum sempet aku bikin reviewnya. Selain karena males, ya karena males wkwkwk. Alasan paling klasik tapi beneran males selama ini ngeluangin waktu buat nulis review doang. Iya sih, emang gak bakal dibaca sama banyak orang tapi seenggaknya dengan aku mereview film yang aku tonton, aku jadi inget film apa aja yang udah aku tonton, gimana jalan ceritanya dan kesan aku terhadap film itu. Itung-itung belajar nulis lagi sih ini mah. Oke, langsung cus aja ke review-nya ya.

Cerita berawal dari Hwang Woo Yeon (Kim Young Kwang), seorang guru olahraga yang dapet surat undangan di meja kerjanya. Ternyata undangan itu dari Hwan Seung Hee (Park Bo Young), cinta pertamanya sejak di bangku sekolah. Ya namanya juga first love, memorinya jadi balik lagi ke masa-masa sekolah saat pertama kali dia ketemu sama Seung Hee. Momen pertama kali mereka ketemu sih cukup unik ya karena waktu itu Woo Yeon lagi dihukum guru sementara Seung Hee datang ke kantor sekolah sebagai murid baru. Love at the first sight happen! Woo Yeon jadi ngedeketin Seung Hee dan lama kelamaan mereka jadi makin deket. Kemana-mana berdua sampe akhirnya mereka sempet kissing. Aww!

Suatu ketika Seung Hee dan Woo Yeon sempet terpisah. Gak ada kabar dari masing-masing hingga akhirnya mereka ketemu lagi di universitas yang sama. Woo Yeon termotivasi buat masuk kuliah garagara Seung Hee. Pertemuan mereka bikin Woo Yeon jadi bahagia lagi tapi sayang Seung Hee udah punya pacar. Ya Woo Yeon bisa apa dong selain kzl sendiri tiap ngeliat Seung Hee sama pacarnya. Hubungan mereka mulai jadi agak renggang setelah Woo Yeon ngasih tau Seung Hee kalo pacarnya itu cuma mempermainkan dia aja, bahkan ada momen saat Woo Yeon mukul pacarnya Seung Hee saking kesalnya cewek yang dia sukai malah dipermainkan sama cowok lain.


Seung Hee dan Woo Yeon ketemu lagi pas mereka udah kerja. Woo Yeon kerja jadi instruktur gym gitu sambil ngelamar jadi guru sedangkan Seung Hee kerja jadi model part time. Pertemuan mereka itu terus berlanjut sampe akhirnya membangkitkan lagi benih-benih cinta Woo Yeon. Seung Hee juga sempet baper sama perhatian dan kebaikan Woo Yeon tapi ternyata Woo Yeon udah punya pacar dong. Seung Hee sempet pengen mundur aja tapi Woo Yeon dengan beraninya mutusin pacarnya itu dan confess perasaannya pada Seung Hee. Karena ada sebuah insiden, akhirnya Seung Hee dan Woo Yeon jadi pacaran.

Musim berganti musim Seung Hee dan Woo Yeon menjalani kehidupan asmara mereka. Seung Hee berhasil jadi desainer baju sedangkan Woo Yeon jadi instruktur gym. Akibat cedera fisik yang dia dapat sewaktu insiden menyelamatkan Seung Hee itu menyebabkan Woo Yeon kesulitan mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Dia jadi sering murung dan kesel sendiri hingga suatu saat dia curhat sama temannya kalo dia merasa menyesal telah menyelamatkan Seung Hee dan pacaran dengannya. Dia berandai-andai kalo aja dia gak ketemu Seung Hee mungkin sekarang dia bisa hidup senang dengan mendapatkan pekerjaan. Intinya dia curhat penyesalan dia gitu. Tanpa disadari curhatan itu kedenger sama Seung Hee. Dia jadi marah dan minta putus. Woo Yeon udah mohon-mohon minta maaf tapi Seung Hee tetep keukeuh minta putus dan dia memutuskan untuk pergi ke Belgia mengerjakan tugas kerja dia.

Waktu berlalu, Woo Yeon keterima kerja jadi guru olahraga. Suatu hari Seung Hee datang ke sekolah Woo Yeon untuk mengabarkan kalo dia mau menikah. Anjay hahaha beranian ya ngundang mantan ke nikahan. Woo Yeon gagal move on lagi dong setelah dikirimin undangan pernikahan Seung Hee. Dia sempet nangis gitu tapi akhirnya dia beraniin diri buat ke pernikahan Seung Hee bareng temen-temennya. Ku kira dia bakal ngeboikot pernikahan itu dan minta balikan sama Seung Hee tapi ternyata enggak. Woo Yeon dengan legowo (meskipun nyesek) ngobrol empat mata dengan Seung Hee. Ya intinya merelakan dia nikah sama cowok lain heuheuheu. Momen ter-nyessss banget saat Woo Yeon menyaksikan Seung Hee bergaun pengantin cantik banget berjalan menuju altar pernikahan. Dan yah sesuai judulnya On Your Wedding, Woo Yeon benaran ada di pernikahannya Seung Hee tapi bukan berada di pelaminan bersamanya tapi jadi tamu undangan pernikahannya heuheu.

Ini film dari judulnya aja sih udah bisa ketebak endingnya gimana, ya kecuali kalo ada twist nya sih. Sungguh nyesek nonton film ini. Bittersweet ending. Manis di awal pahit di akhir. Pesan film ini adalah mau gimanapun juga, kalo bukan jodoh ya tetep gak akan bisa bersatu. Keliatan kan Woo Yeon udah lama banget suka sama Seung Hee sampe jatuh bangun lah istilahnya mengejar Seung Hee  selama 10 tahun hingga akhirnya jadi pacaran tapi tetep aja ujung-ujungnya putus huhu. Aku suka karakternya Woo Yeon yang complicated. Dia bisa menunjukkan perkembangannya dia dari yang asalnya anak nakal dan males lalu berubah jadi rajin dan bisa masuk universitas. Kekuatan bucin hahaha. Kim Young Kwang berhasil memerankan karakter itu dengan baik. Mana ganteng dan macho pula uunnchhhh. Cerita mantan dateng ke pernikahan mantan sih bukan hal yang baru. Sebelumnya ada film You Are The Apple of My Eyes yang mengusung ide serupa tapi On Your Wedding ini berhasil menggiring penontonnya larut dalam kisah cintanya Woo Yeon. Ada yang kurang greget sih pas Woo Yeon ngeliatin Seung Hee berjalan di altar pernikahan itu bagusnya dia sambil monolog juga dalam hati tentang cinta atau melepaskan Seung Hee. Biar greget gitu kalo sebenernya dia nyesek juga ditinggal nikah mantan, but it's okay. Woo Yeon keluar dari ruangan pernikahan juga udah cukup menunjukkan kepada penonton kepedihan ditinggal nikah mantan hiks. Jadi kalian berani gak ngundang mantan?

8,5/10 dariku untuk kegantengan Woo Yeon  On Your Wedding.

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe