My Memorable Birthday of My Life

Mei 10, 2013


5 Mei 2013. Gak terasa udah 3 minggu aku berumur 19 tahun. Tua ya? Emang! Tapi tetep ketje dong uhuhuk :p. Sebenernya sih hari ulang tahun itu hari yang sama kaya hari-hari biasanya cuman bedanya di hari ultah itu banyak yang ngucapin selamet, ngasih kado dan yang pasti umur kite berkurang! Inget ya woy BERKURANG bukan bertambah. Soalnya umur kita tuh udah ada jatahnya masing-masing. Semakin mendekati “waktunya” berarti umur kita tinggal sedikit lagi karna berkurang jatahnya. Yops lah kita back to the topic! Aku nganggep hari ultah sama aja kaya hari biasa tuh bukan berarti kagak pernah ada yang special ya di hari ultah aku. Ketje-ketje gini pernah dong ngalamin indahnya hari ultah, Uhuyy!! Langsung aje ye. Kata orang ultah yang ke-17 itu Sweet Seventeen, tapi enggak deh buat aku. Yang paling sweet itu waktu ultah yang ke-16. 

Yaa beda setahun atuuh lah :p Kenapa cing itu yang paling so sweet and memorable banget? Mau tau we apa mau tau pisyan? Ahahaha aku ceritain deh. Jadi waktu itu pas banget aku ultah yang ke-16 pada tanggal 14 April 2010 aku dapet kado yang paling cihuy banget dari Allah SWT meskipun sebenernya di ultah-ultah dan hari-hari sebelumnya Allah selalu ngasih yang terbaik buat aku tapi hari ultah ke-16 lah yang paling MEMORABLE buat aku. Mau tau kadonya apa? Ikutin dulu ceritanya ahh. Jadi pada tanggal 14 April 2010 itu aku ada di Bandung lagi ikutan olimpiade Geografi UPI Tingkat Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.
Masuk final ni ceritanye, Alhamdulilah ya sesuatu kata teh Syahrini mah. Sebelumnya aku lolos 5 besar seleksi olimpiade Geografi UPI tingkat kota/kabupaten. Nah yang lolos 5 besar seleksi di tiap daerah harus terbang ke Bandung buat ikutan Final Olimpiade Geografi UPI tingkat yang udah aku sebutin itu lah. Aku, teh Delis dan Kang Yusep beserta Guru Geografi-ku Bu Neneng Winarni berangkat ke Bandung sehari sebelumnya yaitu tanggal 13 April cz besok itu mulainya jam 8 pagi. Masa iya didugdag dari Cianjur gituh? Cape atuuh iih hihi. Jadinya kita nginep di rumah ibunya Bu Neneng. Malemnya aku nungguin jam 12 berharap ada someone yang ngucapin pertama hihi tapi karena kecapean belajar jadinya ketiduran deh aku. Keesokan harinya aku menyambut hari pertamaku di usia yang ke-16. Aku sama sekali gak mikirin lebih jauh tentang hari ultahku soalnya pikiranku udah penuh duluan sama apa yang bakal terjadi nanti pas pelaksanaan Olimpiade Geografi-nya. Apakah aku bisa ngerjain dengan lancar atau gimana. Keburu nervous duluan nih. Singkat cerita aku udah di auditorium lantai 6 FPIPS UPI bersama puluhan peserta yang lain. Ini bikin kerja jantungku lebih cepat dari biasanya, pembaca!! Yaaa tes tulis tahap pertama udah aku lewati dengan cukup lumayan. Ngisi 100 soal pilihan ganda *kalo gak salah* trus ngisi peta buta dan jawab soal di slide show. Well, aku gak berharap banyak buat tes tahap selanjutnya. Malah aku nebak Teh Delis yang bakal maju ke tahap selanjutnya soalnya dia kan lebih expert dari aku soal pengalaman mah. Tapi ternyata pas pengumuman, ENG ING EEEEENG ternyata aku ada di urutan 3 dari 15 besar yang diambil buat tes tahap 2. Alhamdulilah gak nyangka pake banget Ya Allah :D

Terus aku melaju nih ke tes tahap 2 yaitu tes praktikum. Jadi kita si the big 15 itu digiring (?) ke suatu ruangan kalo gak salah sih itu lab-nya SPIG sekarang mah. Di sana udah ada 15 meja  dengan 15 alat praktik yang berbeda di tiap mejanya. Oow!! Aku gak bisa ngebayangin gimana kejadiannya. Selama ini aku dan tim bimbingan sama Bu Neneng ngebahas teori doang dan gak ada praktiknya. Nah sekarang aku harus berhadapan dengan alat-alat peraga yang sebagian besar baru aku liat. But show must go on! Dengan segala ilmu yang baru aku dapet secetek, aku berusaha ngerjain tes praktikum itu semua. Mulai dari ngitung suhu ruangan itu pake termometer, nentuin bagian-bagian dari bentukan intrusi magma di gunung api, nentuin jenis batuan, nentuin jenis tanah, nentuin jarak sesungguhnya di peta, interpretasi foto udara pake stereograf dan yang lain-lain. Jadi sistemnya aku dan peserta lain ngerjain satu soal praktikum dalam jangka waktu tertentu di meja masing-masing. Terus kalo waktunya udah abis kita geser ke meja sebelah, muter gitu lah. Bisa bayangin gak? Kalo kagak, lupakan!! Hehe.. eh tapi ya, meskipun aku baru pertama kali ngeliat sebagian besar alat praktikumnya tapi aku menikmati pas megang-megang alat itu dan ngerjain soalnya. Aku ngerasa kok ya Geografi tuh enak banget berhadapan dengan alat-alat itu. Seems so cool!! Dan di sela-sela ngerjain praktikum itu aku ngeliat ke luar jendela, menikmati langit senja yang aduhai dan mikir kalo aku sama sekali gak pernah ngebayangin akan ngelewatin hari ulang tahunku kaya gitu.

Tes tahap kedua berakhir sudah. Lega banget udah ngelewatin semuanya. Kita pulang tuh magrib sambil ujan-ujanan. Oya lupa, pengumuman juara 3 besarnya bukan hari itu tapi dipending dan diumumin lewat web soalnya udah magrib dan gak memungkinkan buat diumumin saat itu juga. Selain sama Bu Neneng, Teh Delis dan Kang Yusep, aku juga pulang bareng sama Kiki Oktapiandi dan gurunya dari SMA 1 Ciranjang. Gara-gara olimpiade inilah aku kenal Kiki dan kita jadi teman baik J yang paling berkesan itu kita naek angkot dari Ledeng ke Leuwi Panjang lamaaa banget dan udah nyampe di Leuwi Panjang kita makan baso ceker dulu. Abis ujan-ujanan makan baso wuaahhhh enak banget. Udah itu kita pulang ke Cianjur. Nyampe rumah itu jam 11 maleman lah. Capeee banget tapi puasss. Keesokan harinya aku gak masuk sekolah karena cape. Trus ada sms dari Bu Neneng ngucapin selamat ulang tahun dan terus berdoa semoga masuk 3 besar. Iii waw seneng seneng seneng banget dapet sms  kaya gitu. Pertama kalinya lho dapet sms ucapan ultah dari guru hihi seneng bangeeeeeet!! Dan beberapa hari kemudian doaku dan doa Bu Neneng juga doa-doa yang lainnya terkabul. Alhamdulilah aku juara 3 Olimpiade Geografi UPI Tingkat Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Sama sekali gak pernah nyangka!! Kemudian aku sadar kalo itu adalah kado terindah dari Allah SWT buat aku di ultahku yang ke-16. Mungkin kalian mikir Cuma juara 3 doang kok ya bangga. Jelas dong aku bangga dan bahagia banget! Buat seukuran aku, dapet juara 3 itu AMAZING banget karena sebelumnya aku malah berharap masuk 3 besar di OSN Kebumian tingkat kota/kabupaten tapi ternyata aku cuma dapet urutan ke-4 di OSN Kebumian tapi ternyata aku dapetnya di Olimpiade Geografi UPI. Bener-bener sesuatu!! Trus pengambilan tropi, sertifikat dan hadiahnya pas acara apa gitu lupa lagi pokonya aku berdua sama Bu Neneng ke UPI Bandung ngambil yang tersebut di atas. Yang paling gokil itu kita bawa-bawa piala gede di antara sesaknya orang-orang di damri. Harus ekstra hati-hati kalo ada orang yang mau atau turun. Takut nyenggol tu piala ahihihi..oya lupa bilang kalo Bu Neneng juga juara di Olimpiade Geografi UPI kategori Guru SMA. Waahhh muridnya ketje juga karena gurunya hebat nian niih :D 4 jempol deh buat Bu Neneng, Sang Inspiratorku. 

Hfttt,,alhamdulillah. Flashback tentang semua hal yang udah aku ceritain tadi tuh bikin aku merenung dan menyadari bahwa ternyata usia kita itu harus diisi sama hal-hal yang bermanfaat. Semua hasil positif yang kita dapetin adalah salah satunya ya dari usaha kita itu.   Siapa sih yang tau usia kita bakal di-cut sama Allah kapan? Engga ada, kecuali Allah. Nah makanya itu nyok kita bareng-bareng ngisi sisa usia kita sama hal positif. Insya Allah ketika usia yang kita jalanin itu indah maka suatu saat nanti kita bakalan kangen trus bersyukur pernah ngalamin usia itu. Kaya aku nih. Kangen 16 tahuuuuuunnn!!


 Nah udah beres deh ceritanya. Apah? Cuma itu doang? Ya enggak lah. Masih ada cerita lain lagi tentang My Memorable Birthday..tapiiiiii to be continued yah ..
Bye!!

You Might Also Like

1 comments

  1. Neng, udah ada pengumuman ttg GA-nya tuh. SIla diintip :)

    BalasHapus

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe