[Cooking Time] Geco: Tauge + Tauco

Januari 08, 2014

Di sela-sela tumpukan tugas yang terus membabi buta akhirnya aku nyempetin diri buat refreshing sejenak bareng sohib-sohib hehe. Jadi ceritanya udah dari minggu kemaren kita ngerencanain buat makan-makan gitu. Awalnya sih dari ngomongin oleh-oleh, kenapa dari Cianjur gak ada oleh-oleh yang instan dan enak selain manisan. Terusan aja Iti bilangnya bawa aja tauco dari Cianjur, kan bisa masak-masak di kosan siapa kek. Akhirnya diputuskan buat masak-masak geco alias tauge + tauco.

Skenarionya berhubung minggu kemaren aku sama Hanny pulang jadinya aku kebagian bawa mie aci dan Hanny bawa tauco-nya sedangkan tauge-nya dari Uni, tahunya dari Iti. Aku udah bawa-bawa mie aci dua kantong yang lumayan gede padahal pesen ke mamahnya cuman satu kantong aja itupun yang sedeng tapi yaudah lah. Agak waswas juga sih malemnya takut gak jadi, soalnya waktu hari Minggu ada isu kalo hari Senin itu bakalan ada UTS Penginderaan Jauh (PJ) jam 8.50 sedangkan rencananya kita mau bikinnya setelah matkul GRI jam 8.40. Kan jadi mubadzir ntar nya. Aku sms aja barudak biar gak ngebatalin acaranya. Singkat cerita deh akhirnya sampe juga di kosan aku. Bikinnya di sini karna ada dapur beserta kompor gasnya :D


Sialnya e sialnya, gas kompornya abis. Udah pesen ke warung tapi gak dateng-dateng yaudah sih akhirnya masak di rice cooker. Anak kosan banget ngandelin rice cooker hihi. Oke mulai aja ya:

Bahan:
>> Tauco
>> Tauge
>> Mie aci
>> Garam
>> Gula
>> Penyedap (opsional)
>> Air
>> Bawang merah
>> Bawang Putih
>> Cabe merah
>> Cabe rawit (opsional)
>> Tomat (opsional)

Itu yang opsional soalnya tergantung selera ya suka apa kagak. Oya gak dicantumin takarannya soalnya gak dihitung sih. Suka suka aja yang penting enak hehe. Kalo alatnya sih yang umum aja buat masak gitu. Jangan sampe ada buldozer, kapak, celurit, jarum jahit atau garpu tanah ya di sini. Mulai aja cara bikinnya.

Pertama, rebus dulu mie aci-nya lima menitan lah. Btw mie aci ini setau aku cuma ada di Cianjur, di Bandung aku gak nemuin mie macem ini. Gatau deh kalo di kota lain. Misalnya nih gak ada mie acie boleh qo pake mie macem lain. Modifikasi. Setelah lima menit, tiriskan dulu mie-nya terus rebus setengah mateng tauge-nya. Kenapa setengah mateng? Ya biar gizinya gak ilang dong. Tiriskan juga tauge-nya.

Kedua, goreng tahunya. Ini juga opsional sih tahunya mau digoreng apa direbus apa mentah doang gtu. Udah itu potong kotak-kotak tahunya. Gak usah diukur lah berapa kali berapa.

Sumfah! Goreng tahu dalem rice cooker itu susah!!

Udah dipotong-potongnya belom tahunya? Kalo udah, abaikan dulu sementara. Sekarang kita bikin saus tauco-nya. Tumis bawang merah, bawang putih, tomat, cabe rawit dan cabe merah sampe harum. Lalu masukin tauco-nya, aduk rata. Kalo mau, tambahin air dikit aja. Banyak juga gapapa sih. Kasih garem dikit banget aja soalnya tauco udah lumayan asin asin gimana gitu. Kasih juga gula sama penyedap. Aduk-aduk rata. Cobain dulu dikit, siapa tau rasanya belom pas. Tunggu sampe mendidih bentar ya.

Kalo saus tauco-nya udah mateng, susun mie aci, tauge sama tahu dalam satu piring. Siramin saus tauco di atasnya. Geco siap makan deh!! Selamat makaaaaaan!!
Oya lebih enak kalo makannya sama kerupuk hihi ^^


Jadi juga geco-nya ^^

Penampakan Geco dari dekat

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe