[Cooking Time] Tteokbokki

Januari 02, 2014

Buat kamu kamu kamuuu para penggemar K-Drama atau Drama Korea, coba deh perhatiin pasti K-Drama yang kamu tonton ada adegan makannya, entah makan Kimchi, jajanan atau yang lainnya (yang pasti gak makan hati sama makan tempat hueehe). Yup, Korea telah sukses mempromosikan makanan asli negerinya sendiri kepada dunia lewat media film dan K-Drama nya. Sebut aja kimchi, tteokpokki, bibimpap, kimbap, dan lain lain kita tau itu semua salah satunya dari film atau K-Drama kan.

Pernah gak sih kamu ngerasa ngiler pengen banget nyobain makanan-makanan yang ada di K-Drama itu? Kalo iya, berarti sama dengan diriku. Pengeeeen banget nyobain kimchi gimana rasanya ya itu tapi aku sempet mikir juga kalo harus ke resto korea demi nyicipin kimchi dan makanan korea lainnya itu pasti harganya lumayan mahal, gak memenuhi selera dompetku.


Untungnya keresahan aku hilang sudah setelah searching-searching di mbah gugel, ada online shop yang jual kimchi dan snack-snack Korea yang lumayan murah. Biasaaaa yang lagi keranjingan belanja di online shop pasti langsung kalap mata nih. Gak pake mikir lama aku pun langsung nyari-nyari apa aja yang mau aku beli hingga akhirnya aku memutuskan buat beli satu paket yang ditawarkan dari olshopnya. Lumayan lah 120rbu dapet 5 macem snack. Ada kimchi 3ons, chocopie 1 pcs, tteokbokki dan sausnya, jjajamyun dan mie ramyun instan rasa kimchi.


Kali ini aku mau share ttg cara bikin tteokbokki-nya.
Jadi tteokbokki itu terdiri dari tteok yaitu kue beras yang bentuknya panjang-panjang gitu kaya lilin dan sausnya yang merah dan pedas namanya Gochujang. Sayang banget waktu tteokbokki-nya mau dimasak, tteok-nya udah agak bulukan gitu soalnya 3 hari gak langsung dimasukin ke kulkas pas beli soalnya masih di kosan. Untungnya gak terlalu banyak yang bulukannya, yay masih bisa terselamatkan!!

Pertama, sebelum bikin mari kita ucapkan basmallah dulu biar enak hasilnya terus jangan lupa masaknya di dapur ya jangan di wc hihi #apaansih. Oke, berhubung bentuk tteok-nya yang panjang-panjang maka kita potong-potong dulu jadi beberapa bagian. Aku sih potong serong aja biar eye-catchy gtu keliatannya hihi.
Di samping itu siapin juga saus Gochujang-nya yaaa..

Siapkan tteok sama saus Gochujang-nyaaa..

Setelah dipotong-potong, rebus tteok-nya dalem air mendidih ya. Tunggu sampe tteok jadi lembut. Caranya colok-colokin aja garpu atau tusukan ke tteok-nya, kalo udah gak keras lagi berarti udah lembut #yaiyalah!

Rebuusss..

After that, masukin saus Gochujang-nya ke dalam panci. Aduk-aduk sampai rata. Gak usah dipikirin berapa kali adukan, ngaduknya muter ke kiri apa ke kanan. Sing penting bumbunya kecampur rata dah. Cicipin dulu rasanya kalo belom pas boleh tambahin bumbu kaya gula atau garam atau penyedap asal jangan tambahin bubuk kopi aja yak. Nah kalo rasanya udah maknyoss aduk pelan-pelan tunggu sampe kuahnya mendidih. Kalo diliat-liat saus Gochujang ini merah menggoda banget ya, sangat menggugah selera buat segera nyobain tteokbokki-nya. Hmmm slurp.

Merah membara tteok-nya

Dan TARAAAA!!
Tteokbokki ala Chef Vera pun siap dihidangkan. Haha sebenernya aku kebanyakan ngasih air jadinya kaya kolak tteokbokki ya hihi tapi tak apalah, namanya juga first time. Gimana rasanya nih?? Hmmm ya gitu deh. Rasa tteok-nya kaya cilok lengket-lengket gimana gitu dan nyeplak di langit-langit mulut. Gatau deh kenapa. Apa akunya yang gak bisa masaknya atau emang kaya gitu. Kalo rasa kuah Gochujang-nya lumayan enak. Rasa seafood gitu. Korea Selatan kan emang suka ama seafood makanya banyak makanan mereka yang terbuat dari seafood. Buat lidah orang Indonesia kaya aku sih tteokbokki ini cukup enak buat cemilan atau jajanan. Yaaa semacam cilok lah versi Korea Selatan hihi.

Itu tteokbokki atau kolak tteokbokki???

Nah kalo kamu kamu kamuuu, pernahkan makan tteokpokki? atau jadi ngiler pengen makan tteokpokki juga??




You Might Also Like

4 comments

  1. mauuu nyobain......
    ke chinguID yuk ver, dket ciwalk katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuu, tapi enakan Chingu Cafe atau Mujigae?? Mujigae aja aku belom pernah nyobain --

      Hapus
  2. kok murah banget sis..Olshopnya namanya apa sis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya kan sepaket..
      kalo beli satuan gitu agak mahal.
      namanya Kimchi Heaven. Cari aja di facebook.
      ^^

      Hapus

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe