Cara Mengganti Nama Akun Facebook yang Sudah Melebihi Batas

Mei 29, 2014

Ngaku deh, pasti waktu dulu awal-awal punya akun facebook kamu suka ganti-ganti nama. Mulai dari nama asli terus ditambah-tambahin pake nama artis, nama pacar, atau embel-embel lain dan akhirnya terjebak dengan nama 4LaY akibat ngikutin temen-temen. Iya sih, aku juga dulu kaya gitu. Dari Verra Vegga, Verra-Vegga Orion, Verra-Vegga Arsyila dan soon soon. Untungnya sih nama facebook aku gak sampe 4LaY beudth kayak Aqueh Cii-Verra PurPleLoverzz yaa hahaha (amit-amit), paling nambahin nama bintang yang aku suka; Vega & Orion, atau nama belakang artis yang dulu aku suka; Arsyila, dari nama belakang Andy Arsyil haha. Sebenernya dari pihak facebook kan nyuruh kita buat pake nama asli ya cuman kitanya aja yang 4LaY!  

Bosen ganti-ganti nama terus (labil) akhirnya aku stuck di nama facebook 'Vera Vega'. Dari SMA kelas XI noh ga pernah ganti-ganti lagi. Sejak nama facebook aku itu, temen-temen dan guru-guru di sekolah jadi manggil aku dengan nickname (ya sebut aja nickname) itu, bahkan sampe sekarang temen-temen dan kenalan aku di kuliahan pun manggil aku Vera Vega dan yang lebih parahnya lagi temen-temen nganggap nama lengkap aku itu ya Vera Vega bukan Vera Herawati. Pertamanya sih gak terlalu dianggap pusing ya soal itu. Gak apa-apa lah aku dipanggil Vera Vega juga toh masih nama depanku masih nama asli. Tapi sempet beberapa kali kepikiran buat ganti nama facebook apalagi waktu udah jadi mahasiswa. Temen-temen aku kebayakan nama akun facebook-nya nama asli mereka. Aku jadi minder dong, pengen ganti juga tapi gak bisa karena aku udah melebihi batas mengganti nama aku. Pasrah deh sama nama Vera Vega.

Momen yang ter-nyesek garagara nickname itu pas aku ngeliat di cover depan tugas kelompok kuliah namaku yang tercantum itu Vera Vega bukan Vera Herawati. Yaelaaaah itu kan nama seleb aku bukan nama asli. Di daftar absen kagak ada yang namanya Vera Vega adanya Vera Herawati. Temen aku yang salah ngetik itu pun cuman cengengesan doang. Terus juga temen-temenku yang gak terlalu deket pasti manggilnya Vega, bukan Vera. Aiissssh jinjja!

Sejak saat itulah aku mikir tentang identitas aku yang sebenarnya (cihuy!). Emang sih aku terlalu sering menggunakan nama Vera Vega sebagai nickname aku di sosial media. Di facebook, twitter sampe email pun aku pake nickname itu. Sebenernya gak salah dong kalo aku pake nickname itu. Anggep aja kaya nama Dewi Lestari yang lebih terkenal dengan nama Dee gitu. Aku juga pengen kayak gitu, tapi ternyata aku gak mikirin akibatnya sampe sejauh itu. Pokoknya jadi bikin agak resah sih. Akhirnya aku mutusin buat ganti nama facebook aku jadi nama asliku, tapi aku gak bisa lagi ganti nama facebook soalnya udah terlalu sering ganti dan udah melebihi batas mengganti nama akun facebook (ceunah kata si facebook-nya). 

Tapi aku gak menyerah! Setelah oprek sana sini, alhamdulillah aku bisa ganti namaku jadi nama asli Vera Herawati lagi. Buat temen-temen yang barangkali pengen insyaf dari nama 4LaY-nya tapi ganti nama facebook-nya udah mencapai limit, monggo liat cara-caranya. Cusssss..

Pertamanya, nyalain laptop, aktifin internetnya. Boleh pake modem, boleh wifi, boleh ngewarnet asal jangan nyolokin kabel sambungan internet ke idung aja hihi. Selanjutnya buka facebook, masukin email sama password-nya. Kalian pasti udah hafal di dalem kepala soal yang ini. Awass jangan langsung nge-stalk istrinya pak RT ya, kan mau ganti nama ini ceritanya. 

Facebook-nya udah dibuka terus klik tanda segitiga kebalik di ujung kanan atas ntar muncul tab 'Pengaturan Umum Akun'. Lalu klik 'Sunting' di baris 'Nama' ya.

Klik 'Sunting' di baris 'Nama'

Setelah diklik maka akan muncul 'Pengaturan Umum Akun' yang isinya ada nama dan lain-lain. Karena kita udah limit ya buat ganti nama jadi di Baris 'Nama Lengkap' kita gak bisa ngetik nama lagi, paling milih option nama yang pernah kita bikin. Trus gimana atuh? Tenang dulu, ikutin step-stepnya. Caball qaqa bundaa haha :D Selanjutnya mari kita klik bersama-sama link biru 'Pelajari Selengkapnya'.

Klik link biru 'Pelajari selengkapnya' yaa..

Udah diklik kan link birunya? Ntar bakal muncul tab 'Mengapa saya tidak bisa mengubah nama saya?'. Di sana ada tulisan lumayan panjang. Boleh dibaca boleh enggak. Terus klik link biru 'Beri tahu kami'.


Klik link biru 'Beri tahu kami'

Nah setelah itu bakal muncul tab 'Mengubah Nama'. Di sinilah kita beraksi. Sok mangga masukin nama lengkap dan kasih alasan kenapa pengen ganti nama akun. Oya di sini juga kita harus nge-upload scan identitas diri kaya KTP, Passport, SIM atau Kartu Pelajar. Biar datanya aman, mending buremin dulu data-data yang dianggap penting kayak nomor KTP, nomor PIN atau apapun. Pihak facebook-nya juga bilang gitu kok. Pokoknya yang mesti keliatan di KTP atau yg lainnya yaitu nama lengkap, foto sama tempat tanggal lahir. Semuanya udah beres? Klik 'kirim'. Ntar ada notifikasi dari pihak facebook agar kita cek email karena di sana ntar notifikasi dan akhir dari perjalanan kita (apadeh). 

Isilah dengan bahagia dan cermat ya!! ^^

Akhirnya dengan mengucap hamdalah, proses pergantian nama akun facebook selesai. Bahagia banget aku bisa ganti nama facebook. Buat kalian yang mau ganti juga, silakan silakan!!

Before

After ^^

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe