Memori Ramadan 2019

Mei 19, 2019

Ramadan.
Bulan penuh berkah. Udah masuk hari ke-14 Ramadan. Tahun ini Ramadan ke-4 tanpa bapak. Sedih? Iya. Kangen? Iya. Selalu ada yang berbeda tiap tahunnya di Ramadan. Ramadan 2017 dihabiskan di Bandung, lagi pusing-pusingnya skripsi. Ramadan 2018 dilalui di Cianjur, di rumah lagi setelah 5 tahun Ramadan di Bandung. Tahun lalu udah lulus tapi masih nganggur. Revisi skripsi belum beres, tapi mager jadinya penuh kegabutan nyantai di rumah terus. Tahun ini Ramadan 2019 di rumah lagi tapi dengan keadaan udah kerja dan selama dua minggu kemarin berpuasa sambil sibuk ngurusin kerjaan ini itu. Asalnya ku ingin selama Ramadan 1 hari 1 cerita tapi apa daya kemageran kesibukan itu menyita waktuku hehe, tapi alhamdulillah sekarang udah mulai nyalse karena udah masuk liburaaaannn hahaha jadi ku mau nulisin cerita-cerita selama 2 minggu Ramadan kemarin.

Hari pertama Ramadan saat sekolah lain libur, sekolahku tetep masuk karena sesuai jadwal kaldik, 6 - 11 Mei 2019 itu jadwalnya murid-murid PAT alias ulangan kenaikan kelas. Strong ya anak-anakku ngerjain soal ulangan sambil puasa. Kacida pusingna apalagi ngerjain soal itung-itungan mah hheu. Di hari ketiga Ramadan di perjalanan pulang aku menyadari sesuatu setelah sebelumnya di ruang guru ngobrol sama temen-temenku yang lain. Waktu itu kita ngobrolin kejadian buruk yang dialami seseorang. Aku jadi merasa bersalah karena aku sempet nethink sama orang itu sebelum aku tau cerita lengkapnya seperti apa. Ternyata ada alasan dibalik kenapa dia ngelakuin itu dan aku berpikir gimana kalo kejadian itu menimpa aku. Sedih banget denger ceritanya. Ya, dari kejadian itu aku mendapat kesimpulan untuk jangan terlalu cepat men-judge jelek seseorang dengan cepat hanya dari apa yang kita liat atau katanya-katanya orang lain karena kita gatau cerita sebenarnya seperti apa. Liat dulu dari berbagai sisi. Maka itulah yang Insyaallah membuat kita jadi lebih open minded dan bijaksana. Ciyeee ngetik apaan sih aku ini hihi.

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe