Bucin?

Mei 21, 2019

"Ciyeee..Rosalinda ranking 1 !"
Itulah isi WA-ku ke Ferguso, muridku yang tahun ini lulus. Ceritanya sih mau ngasih tau kalo pujaan hatinya itu ternyata bisa berprestasi juga kayak dia etapi ternyata dia udah tau duluan dari mamanya Rosalinda. Yah keduluan deh haha. Si Ferguso ini lalu ngirim screenshot-an DM-an dia sama mamanya Rosalinda. Isinya tentang ucapan makasih buat support dan bimbingan dia buat Rosalinda sampe akhirnya dia bisa jadi ranking 1 di kelas dan di boarding. Alhamdulillah..tapi kemudian ku merenung, deuhh ini anak SMP udah bisa deket aja sama keluarga cewek yang dia suka. Aku kapan kayak gitu hikshiks haha gausah dipikirin veraaaa nanti juga akan ada saatnya. Back to topic, lalu Ferguso ngirim screenshot-an DM-an dia sama Rosalinda. Isinya Rosalinda ngabarin good achievement-nya itu.

Ngeliat kejadian ku jadi berpikir bahwa ternyata rasa cinta (meskipun ku tak tau mereka beneran cinta atau bukan), kalo energinya disalurkan ke dalam hal yang positif ya bakalan berefek bagus. Seperti contoh Rosalinda sama Ferguso ini. Mereka dari tahun lalu udah saling punya rasa ketertarikan satu sama lain. Untungnya mereka bisa menyalurkan itu ke hal yang positif alias gak ngelakuin hal yang aneh-aneh. Ya selain karena mereka di boarding, pada dasarnya mereka anak baik-baik jadi nothing bad happen lah. Dan untungnya juga mereka berdua terbuka sama orangtuanya soal cemewew mereka. Rosalinda ceritain Ferguso ke ortunya juga sebaliknya sehingga akhirnya mama Rosalinda malah jadi kenalan sama Ferguso dan mereka jadi deket malah sampe DM-an. Mungkin mamanya Rosalinda tau kalo Ferguso itu anak yang baik jadinya berani untuk kenal dan 'nitip' Rosalinda (dan adiknya) selama di boarding. Well aku salut sih sama mamanya Rosalinda karena bisa terbuka dengan kepuberan anak gadisnya. Di saat ortu lain ada yang melarang anaknya untuk pacaran, beliau kelihatannya membebaskan anaknya untuk merasakan masa-masa puber itu. Bukan membebaskan sepenuhnya, tapi dengan pengawasan dan arahan yang baik sebelumnya. Beliau tau sifat anaknya seperti apa. Pun dengan memberikan 'tanggung jawab' menjaga Rosalinda ke Ferguso, itu bikin Ferguso untuk lebih hati-hati dan gak sembarangan memperlakukan Rosalinda. Kebayang gak sih biasanya kalo anak dilarang-larang sesuatu misalnya dilarang pacaran, dia malah akan melakukannya bahkan dengan sembunyi-sembunyi, tapi kalo anak diberi kebebasan dan kepercayaan untuk merasakan cinta dengan sebelumnya diberi tau dulu hakikat, batasan dan segala sesuatu tentang cinta dari sudut pandang agama, maka anak akan lebih hati-hati dan bertanggung jawab dengan perasaannya. Haha belibet ga sih bahasanya. Ya pokoknya gitu lah!

Saat energi cinta disalurkan pada hal yang positif maka hasilnya juga Insyaallah akan positif. Kayak Rosalinda sama Ferguso yang jadi saling menyemangati belajar meskipun kadang Ferguso suka jadi ngedown gak semangat belajar kalo lagi ada masalah sama Rosalinda. Tapi aku yakin, kehadiran mereka menjadi penyemangat untuk diri mereka masing-masing satu sama lain. Aku amaze sih sama perkembangannya Rosalinda. Dari 10 besar langsung melesat ke numero uno. Honestly aku lebih suka hubungan remaja yang kayak gini sih. Saling menyemangati dalam kebaikan. Aku gak bisa nyuruh mereka buat stop rasa ketertarikan ke lawan jenis karena ya itu mah udah alamiah seperti itu. Namanya masa puber kan mau gimana lagi. Biarin mereka berbunga-bunga ngerasain perasaan itu karena aku juga pernah ngalamin betapa indahnya suka sama lawan jenis (walopun cuma mentok di cidaha alias cinta dalam hati hahaha).  Aku cuma bisa nasehatin ke mereka untuk bisa menyalurkan rasa itu ke hal positif. Jadi lebih rajin belajar, jadi lebih sopan dan baik. Intinya jangan jadi bucin yang apa apa serba dia dan malah bikin lost focus, males belajar, musuhan sama temen/kakak kelas/adik kelas karena rebutan si dia. Halah itu mah gak banget. Terus aku juga ngingetin mereka soal batasan-batasan dalam agama Islam tentang hubungan laki-laki dan perempuan. Biar mereka jadi lebih mengontrol sikap dan perilaku mereka sama lawan jenis.

Ada tuh salah satu muridku sebut saja Kabayan yang tertarik sama adik kelasnya cewek sebut sana Iteung. Dia cerita sama aku gimana dia bisa suka sama cewek itu. Tiap ketemu sama aku dia suka nitip salam buat Iteung, bahkan dia minta aku buat jadi fasilitator dia ketemuan sama Iteung. Heol emangnya aku Mak Comblang kalian! Aku bosen dong karena dia terus²an cerita soal si Iteung. Oiya si Iteung nya ini suka juga sama si Kabayan tapi malu² kucing gitu. Karena bosen itu akhirnya aku bilang ke Kabayan untuk jangan cerita lagi soal Iteung ke aku. Stop nitip salam buat dia dan aku bilangin juga untuk berhenti agresif sama Iteung karena ternyata dia ini suka ngajak Iteung buat ketemu diem² sama dia di sudut sekolah. Yang paling heboh lagi, dia suka nitip salam ke Iteung lewat temen²nya Iteung. Dia itu dengan sengaja bikin seangkatan dia dan angkatan Iteung tau kalo dia suka sama Iteung. Ya caper juga sih orangnya. Makin heboh lagi ini ceritanya pas bagi rapor semester 1 mamanya Kabayan dateng ke sekolah terus cerita ke salah dua guru tentang kelakuannya si Kabayan yang kata mamanya itu pernah mintain uang jajan terus ke mamanya cuma buat beliin kaos cewek yang disukainnya sebelum si Iteung. Mamanya ini kaget dengan kepuberan anaknya yang bikin dia jadi bucin abissss. Mamanya juga marah-marah sama Kabayan karena dia ngejar-ngejar Iteung sampe bikin dia lost focus sama belajar. Wah pokoknya ada berjam-jam itu mamanya curhat berapi-api sama guru. Begitulah, anak model gitu kalo lagi jatuh cinta harus lebih ekstra diawasin karena kalo enggak, ya malah jadi berefek jelek buat belajar dan kepribadian dia. Dia harus selalu dikasih tau batasan-batasan soal lawan jenis biar dia gak berani lagi buat ngajak ketemuan cewek yang dia suka di sudut sekolah.

Ada lagi nih, satu lagi kelakuan anak SMP kalo lagi jadi bucin. Muridku sebut saja Jasmine adalah muridku yang aku jadi wali kelas dia. Suatu hari abis beres pelajaran, dia minta aku beliin kue ulang tahun. Setelah aku tanya, ternyata buat cemewewnya dong! Kaget lah aku. Dia ngakunya baru deket sama Aladin, tapi udah berani ngasih kue ultah aja sama dia. Aku yo kaget pas dia ngasih uang 200k buat beli kue ultah. Buseet dah aku pas SMP jangankan beliin buat cowok, buat sahabat pas ultah aja belinya patungan sama temen lain, la ini udah berani ngerelain 200k buat cowok gacoannya. Hmmm kid jaman now yah. Sebelumnya ku ceramahin dia dulu buat beliin dia kue yang murah aja, 20k kek gitu cupcake karena ya too much aja gitu ngabisin duit 200k buat orang lain, dan itu untuk ukuran anak SMP loh. Tapi ya mungkin kalo liat dari sudut pandang dia sih namanya orang lagi jatuh cinta, duit 200k pun dijabanin bae dah. Abis diceramahin tapi dia gak mempan. Tetep keukeuh minta beliin kue ultah yang gede. Ya aku bisa apaaaaa..aku hanya bisa mengelus dada dan beliin kue ultah itu seharga yg dia mau karena kebetulan juga di toko kuenya ga ada ukuran yg kecil. Kalo ada mah aku beliin yg kecil dah. Biarin lah kalo dia break sama Aladin trs ngerasa nyesel udh beliin kue ultah 200k, ya itu mah risiko dia. Nyesel nyesel deh. Aku kan udah ngingetin yak haha. Yang pasti dia ini 11 12 lah bucinnya sama si Kabayan. Mereka-mereka ini yang harus lebih diawasi dan dibimbing biar gak salah jalur dan berubah jadi bucin sejati wkwkw. No no no, say no to bucin.

Eh iya soal menyalurkan energi cinta, aku jadi inget sama kisah cintaku yang bisa dibilang ada positifnya juga sih. Jadi kan aku pacaran sama mantanku (the one and only mantan) yang waktu itu sekelas di kelas XI sampe XII. Kita pacaran backstreet sih soalnya entah kenapa aku gamau ortuku tau kalo aku punya pacar. Aku ga pernah berani bawa dia ke rumah karena teteh-tetehku juga ga pernah bawa cowok ke rumah, kecuali yg skrg jadi suami mereka sih. Pacaran sekelas ya pasti jadi sering ketemu, ngobrol bareng, belajar bareng, pulang bareng, bosen lah pokoknya sampe telponan pun jarang karena tiap hari ketemu mending ngobrol langsung lah. Hal yang aku notice berefek baik itu karena setelah kita pacaran, nilai² dan ranking dia melesat jadi 3 besar padahal sebelumnya gak kayak gitu. Kalo aku sih jangan ditanya, rank-ku ga berubah dari semester 1 kelas XI, 3 besar terus hehe. Aku sih mikirnya dia bisa tetanggaan rankingnya sama aku karena tiap hari kita belajar bareng jadi rankingnya juga bisa bagus. Kita pacaran ada positifnya juga gitu meskipun yaaaaa pacarannya mah jangan dicontoh ya guys. Itulah penyaluran energi cinta kita (dulu) lewat prestasi belajar. Seneng sih karena bisa bawa dia jadi lebih baik meskipun ujung-ujungnya putus juga. Uupsss 

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe