Belajar Hidup Mandiri

Juni 30, 2019

Hari Minggu ini SICC lebih rame dari biasanya. Ya hari ini ada kegiatan check in siswa/i baru kelas 7 tahun ajaran 2019/2020. Sejak pagi para orang tua berdatangan dari Cianjur dan luar Cianjur buat nganterin anaknya yang akan bersekolah boarding di SICC. Sebenarnya gak hanya orang tua yang nganter, ada juga rombongan keluarga, kakek nenek dan sodara yang ikut. Seru ih liatnya. Jadi inget 7 tahun lalu pas aku dianter ke Bandung buat kuliah dan ngekos. Bukan cuma mama, bapak sama teteh-teteh yang ikut ke Bandung tapi juga sepupu, anaknya sepupu ikut. Pokoknya semobil tuh padempet-dempet lah. Aku sampe kesel karena banyak banget yang ikut, tapi dipikir-pikir lagi aku ngerti sih mereka pengen ikut nganterin aku menuju tempat perantauan yang mana aku baru pertama kali banget merantau dan bakal hidup sendiri jauh dari keluarga.

Suasana kegiatan check in siswa/i baru SICC (Dok: fotografer SICC)
 Di sela-sela kegiatan check in siswa/i tadi aku ngeliat ada anak perempuan yang nangis terus sejak dari mobil dan dibujuk sama ayah dan neneknya. Pas aku tanya neneknya ternyata dia nangis karena sedih bakal nge-boarding dan jauh dari keluarga. Ya ga aneh sih. It's very normal. Untuk anak seumuran dia yang baru lulus SD, sekitar umur 13-14 tahun yang masih polos dan biasanya deket sama keluarga pasti bakal sedih banget tinggal jauh dari orang tua. Jangankan mereka, aku aja yang waktu itu udah umur 18 tahun pas pertama kali ngekos juga ngerasain sedih bahkan nangis di awal-awal ngekos. Aku ngerasain apa yang mereka rasain saat keluarga mulai pamitan pergi dan ninggalin sendiri. Aku sedih bercucuran air mata apalagi pas mama ngasih pesan-pesan sebelum pergi. Abis itu malam pertamaku dan selanjutnya sampe sebulan kemudian aku ngerasa homesick nangis-nangis sendiri pas mau tidur. Pasti malam ini siswa/i ada juga yang kayak gitu di boarding. Wajar tapi jangan sampai berlarut-larut berkepanjangan. Inilah tugas kami guru-guru, wali asrama dan semua SICCers untuk membuat mereka jadi betah di SICC. Buat mereka ngerasa nyaman di SICC dan menjadikan SICC sebagai rumah kedua mereka.

Orang tua dan keluarga mengantarkan anak check in di SICC (Dok: Fotografer SICC)

Sejujurnya aku salut sama mereka. Terlepas dari keinginan sendiri atau kemauan orang tua, mereka udah berani hidup mandiri jauh dari orang tua sejak umur masih muda dibandingkan dengan aku yang baru hidup merantau di umur 18 tahun. Mereka bisa lebih dulu belajar hidup mandiri dibandingkan aku. Di saat aku baru bisa nyuci dengan bersih pas umur 18 tahun (hehe ketauan jarang bantu mama nyuci), mereka udah bisa ngelakuin itu pas SMP. Juga hal-hal lain yang kini mereka harus lakuin sendiri. Tentu bukan hal yang mudah ya buat mereka. Asalnya makan disuapin mungkin, tidur bareng mama, bisa pergi main jalan-jalan dengan bebas sekarang di sekolah boarding harus makan ambil sendiri, tidur sekamar sama temen-temen, ga pegang hape, ga bisa main keluar dengan bebas dan lain-lain. Awalnya pasti terasa berat tapi demi mendidik anak yang sholeh/sholehah dan pintar kan. Aku pun yakin ada pengalaman-pengalaman yang didapat dari hidup tinggal jauh dari orang tua. Seperti aku yang karena ngekos jadi bisa ngelakuin pekerjaan rumah sendiri, jadi lebih berani, lebih mandiri dan banyak lagi.

Gak hanya anaknya, buat orang tua juga pasti awalnya terasa berat melepas anak umur segitu tinggal jauh dari orang tua. Tapi orang tua juga bukan tanpa alasan ngelakuin itu. Pasti ada harapan-harapan baik dari orang tua untuk anaknya ketika memutuskan anaknya bersekolah boarding. Meskipun berat, sedih, rumah jadi sepi tapi ya demi anaknya tumbuh menjadi anak yang sholeh/sholehah dan terdidik orang tua harus melakukan itu. Memang pahit di awal tapi Insya Allah hasilnya akan baik. Aku harap kalopun ada anak yang menangis saat pertama kali masuk ke SICC tapi nanti tiga tahun kemudian dia akan tersenyum bangga saat kelulusan dengan menjadi anak yang sholeh/sholehah dan berprestasi. Aamiin.

Welcome to SICC, new students!

Malam pertama di asrama SICC. Kenalan dengan teman se-asrama. (Dok: Fotografer SICC)

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih ya sudah baca artikelnya. Ayo berkomentar. Tinggalkan jejak di sini ^^

Subscribe